9066 Anggota Satlinmas Kabupaten Tegal Dikerahkan Untuk Jaga TPS Pemilu 2019

Pemilu tanggal 17 April 2019, 9.066 personel Satlinmas akan dikerahkan untuk menjaga 4.533 TPS Pilpres dan Pileg di Kabupaten Tegal.

9066 Anggota Satlinmas Kabupaten Tegal Dikerahkan Untuk Jaga TPS Pemilu 2019
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Para personel linmas tengah mengikuti apel gelar pasukan dalam rangka penyerahan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal ke Polres Tegal di halaman kantor Pemkab Tegal, Selasa (2/4/2019) pagi. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Tegal akan dijaga dua personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Nantinya, saat hari pencoblosan 17 April 2019, sebanyak 9.066 personel Satlinmas akan dikerahkan untuk menjaga 4.533 TPS Pilpres dan Pileg di Kabupaten Tegal.

Kini, ‎para personel linmas tersebut tengah mengikuti apel gelar pasukan dalam rangka penyerahan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal ke Polres Tegal di halaman kantor Pemkab Tegal, Selasa (2/4/2019) pagi.

Kabid Linmas dan Damkar Satpol PP Kabupaten Tegal, Kusnadi mengatakan, jumlah personel Satlinmas yang dilibatkan untuk membantu kepolisian dalam pengamanan pilpres dan pileg sebanyak 9.066 personel.

Inilah Identitas Ibu dan Dua Balita di Brebes yang Tewas Tertabrak Kereta Api Tegal Bahari

"Mereka akan dikerahkan untuk menjaga 4.533 TPS. Personel Linmas akan bertugas melakukan pengamanan di TPS. Tiap TPS ada dua personel linmas," kata Kusnadi kepada Tribunjateng.com, di sela apel.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tegal Umi Azizah ‎mengatakan, peran Satlinmas sangat penting.

Sebab, mereka akan menjadi petugas yang melekat di setiap TPS Pilpres dan Pileg untuk 17 April mendatang.

‎Untuk itu, Umi mengharapkan para personel Satlinmas yang dilibatkan dalam pengamanan dibekali kemampuan dan pengetahuan tentang pengamanan penyelenggaraan pilpres dan pileg.

“Artinya dengan dibekali pengetahuan, teman-teman Satlinmas mampu menghadapi situasi yang akan terjadi. Sehingga hari pelaksanaan pemilu 2019 berjalan dengan lancar,” kata Umi.

Umi juga berharap Satlinmas sebagai perpanjangan tangan pemerintah yang berwenang menciptakan kondisi aman dan kondusif di desa masing-masing agar bersikap netral.

Kemudian, Umi juga meminta mereka untuk tidak memihak dalam menjalankan tugas sehingga tidak merugikan peserta pemilu.

“Satlinmas jangan sampai mempengaruhi sikap politik warga dalam memberikan hak suaranya. Junjung tinggi tanggung jawab demi terjaganya kondusifitas pemilu 2019,” tegas Umi. ‎(gum) 

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved