Antisipasi Fenomena Caleg Stres, RSUD Banyumas Diminta Siapkan Kamar Khusus

Komisi A DPRD Banyumas bersama dengan KPU, Bawaslu, RSUD Banyumas, dan Dinas Kesehatan melaksanakan rapat koordinasi antisipasi caleg stres

Antisipasi Fenomena Caleg Stres, RSUD Banyumas Diminta Siapkan Kamar Khusus
Tribunjateng.com/Permata Putra Sejati
Komisi A DPRD Banyumas bersama dengan KPU, Bawaslu, RSUD Banyumas, dan Dinas Kesehatan melaksanakan rapat koordinasi antisipasi fenomena caleg stres, pada Selasa (2/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Ketegangan persaingan politik jelang pemilu bisa membuat para caleg merasa panas, lelah, bahkan stres.

Komisi A DPRD Banyumas bersama dengan KPU, Bawaslu, RSUD Banyumas, dan Dinas Kesehatan melaksanakan rapat koordinasi antisipasi caleg stres, pada Selasa (2/4/2019).

DPRD Kabupaten sendiri hanya menyediakan 50 kursi anggota dewan. Sementara jumlah Caleg mencapai ratusan orang.

Sebagai upaya menangani caleg yang mengalami stres pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas telah mempersiapkan mulai dari rawat jalan, IGD dan rawat inap.

Selain itu sudah dipersiapkan pula 4 dokter spesialis kejiwaan, dan dibantu oleh sejumlah perawat.

RSUD Banyumas telah mempersiapkan 2 kamar VIP, 4 kamar kelas I, 8 kamar kelas II, dan 10 tempat tidur untuk kelas III.

Pada tahun 2014 sendiri pihak RSUD Banyumas sudah pernah menangani pasien caleg yang mengalami stress pasca pemilu.

"Pada 2014 kurang lebih dibawah 10 orang pasien yang ditangani. Saya mengimbau kepada seluruh caleg-caleg jika dirasa ada gangguan kejiawaan untuk segera di konsultasikan ke dokter. Sehingga nantinya tidak diperlukan sampai rawat inap," ujar Slamet Setiadi selalu Kabid Keperawatan RSUD Banyumas.

"Gejala-gejala awal yang bisa dirasakan seperti gangguan tidur, sering berhalusinasi, perasaan tidak tenang, pusing yang tidak jelas, nafsu makan berkurang," tambahnya.

Oleh karena itu pihak RSUD Banyumas menghimbau agar segera saja bagi para caleg yang merasakan gejala tersebut memeriksakan ke dokter spesialis jiwa.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved