Perdalam Baca Tulis dan Tafsir Alquran, Sejumlah Mahasiswa Unsoed Ikuti Program MIPA Mengaji

Agar pemahaman terhadap ayat suci tidak melenceng dari maksud sebuah ayat, sejumlah mahasiswa Unsoed Purwokerto ikuti kelas khusus, pada Selasa (2/4/2

Perdalam Baca Tulis dan Tafsir Alquran, Sejumlah Mahasiswa Unsoed Ikuti Program MIPA Mengaji
TRIBUNJATENG/Istimewa 
Mahasiswa Unsoed ikuti kelas perdalam baca tulis Alquran, pada Selasa (2/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Agar pemahaman terhadap ayat suci tidak melenceng dari maksud sebuah ayat, sejumlah mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto ikuti kelas perdalam baca tulis dan tafsir Alquran, pada Selasa (2/4/2019).

Baca tulis dan tafsir Alquran diberikan saat di awal perkuliahan mahasiswa baru. Tahap ini untuk memetakan tingkat penguasaan dasar mahasiswa terhadap Alquran.

"Pemetaan ini untuk mengklasifikasi kemampuan dasar mahasiswa dalam membaca dan menulis. Hasil pemetaan ini digunakan sebagai dasar dalam pengelolaan pembelajaran mata kuliah agama Islam," ujar Dosen mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) Unsoed, Rifki Ahda Sumantri kepada Tribunjateng.com, Selasa (2/4/2019).

Kemampuan dasar mahasiswa sangat mendukung dalam pengelolaan pembelajaran PAI. Terlebih jika didukung dengan tafsir Alquran sebagai cara untuk memahaminya.

"Mahasiswa akan diajak belajar membaca dan menulis yang benar. Sentuhan tafsir Alquran juga diberikan sebagai landasan memperoleh pemahaman yang benar dan utuh," tambahnya.

Belajar membaca dan menulis adalah tahap awal mempelajari dan memahami Alquran. Kemampuan para mahasiswa dalam membaca dan menulis Alquran mampu mendasari para mahasiswa dalam mentadaburinya.

Memahami teks ayat Alquran sejatinya perlu membutuhkan metode yang tepat. 

Oleh karena itu, perlu dilakukan strategi yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman mahasiswa dalam baca dan tulis Alquran. 

Seperti halnya strategi pendalaman materi baca tulis Alquran yang dikembangkan secara klasikal di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Unsoed. Mereka mengembangkan program peningkatan baca tulis Alquran melalui program 'MIPA Mengaji'.

Melalui program 'MIPA Mengaji' diharapkan para mahasiswa dapat memperdalam baca dan tulis Alquran secara lebih mudah.

Mereka belajar berkelompok, berinteraksi secara lebih santai. Program tersebut juga sebagai upaya mendukung pembelajaran PAI secara tematik.

“Mendalami Alquran harus diawali  dengan kemampuan dasar baca dan tulis. Terlebih dalam pengembangannya harus mengetahui tentang khazanah tafsir," kata Dosen PAI Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Unsoed Fatoni Achmad.

Program pengembangan baca tulis dan tafsir Alquran kedepannya perlu didukung dengan sarana yang memadahi. Termasuk media yang dibutuhkan dan waktu yang efektif untuk pengembangannya.  (Tribunjateng/Permata Putra Sejati)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved