Bank Indonesia Purwokerto Sediakan Uang Tunai Dua Kali Lebih Banyak saat Ramadan dan Idul Fitri

Bank Indonesia (BI) kantor perwakilan Purwokerto menjamin ketersediaan uang tunai untuk kebutuhan bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Bank Indonesia Purwokerto Sediakan Uang Tunai Dua Kali Lebih Banyak saat Ramadan dan Idul Fitri
KONTAN/Cheppy A Muchlis
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Bank Indonesia (BI) kantor perwakilan Purwokerto menjamin ketersediaan uang tunai untuk kebutuhan bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Deputi kantor perwakilan BI Purwokerto, Lukman Hakim mengatakan, BI menyediakan dua kali lipat stok uang tunai pada dua momentum tersebut.

Ini guna mengatasi kelangkaan uang tunai serta memperlancar kegiatan transaksi tunai saat hari raya.

Menurut dia, transaksi uang tunai akan meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan saat hari raya.

Karena itu, antisipasi terhadap kelangkaan tersebut harus dilakukan.

"Kami akan sediakan dua kali lipat ketersediaan uang tunai saat bulan puasa dan lebaran mendatang guna antisipasi kelangkaan," kata Lukman saat sosialisasi transaksi non tunai dan uang palsu di Pendapa Dipokusumo Purbalingga, kemarin, Selasa (2/4/2019).

Bank Indonesia Dukung Pengembangan Wisata di Dieng

Dia menambahkan, BI Purwokerto berkeliling ke beberapa tempat seperti Pasar Bobotsari, Segamas dan Kaligondang untuk penukaran uang pecahan dan uang lusuh.

Terkait uang lusuh, BI telah berkoordinasi dengan perbankan untuk menyetorkan uang lusuh hasil transaksi dan akan ditukar dengan uang yang layak.

"Kami sudah berkoordinasi dengan perbankan untuk menukarkan uang lusuhnya kepada kami sehingga kami bisa tukarkan dengan uang yang layak," imbuhnya.

Dia pun menjamin transaksi tunai government to government dan government to public atau sebaliknya tidak akan terganggu selama masa itu.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved