Harga Rumah Bagi MBR di Jawa Tengah Tahun Ini Diperkirakan Rp 140 Juta

Property Expo Semarang melibatkan 10 developer dan 1 apartemen kembali digelar sejak kemarin Rabu (3/4/2019) di Atrium Mal Ciputra Semarang.

Harga Rumah Bagi MBR di Jawa Tengah Tahun Ini Diperkirakan Rp 140 Juta
TRIBUN JATENG/DESTA LEILA KARTIKA
Pengunjung mencari informasi tentang unit rumah kepada developer dalam pameran properti yang digelar REI Jateng di Atrium Mal Ciputra Semarang, Kamis (4/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Property Expo Semarang melibatkan 10 developer dan 1 apartemen kembali digelar sejak kemarin Rabu (3/4/2019).

Pameran properti itu berlangsung hingga 14 April 2019 di Atrium Mal Ciputra Semarang.

Wakil Ketua Bidang Promosi dan Publikasi DPD REI Jateng Berlian Febriana menuturkan, segmen bervariasi dari mulai middle low, middle up, dan high class.

"Target kami pada pameran yang ketiga di tahun ini bisa menjual sekitar 60 unit rumah," tutur Berlian Febriana, kepada Tribunjateng.com, Kamis (4/4/2019).

Menurut dia, setidaknya bakal ada delapan pameran sepanjang 2019.

Kondisi bunga perbankan yang semakin membaik dari akhir 2018 diyakini pula oleh pihaknya dalam penjualan properti semakin membaik.

"Di tahun ini mulai Januari-Maret justru penjualan lumayan untuk segmen rumah seharga Rp 500 juta atau pada kelas menengah ke atas. Kenaikan dibandingkan 2018 periode sama sekitar 20 persen," ungkapnya.

Meskipun demikian, diungkapkannya para developer harus tetap mengejar pertumbuhan properti khususnya di Jawa Tengah.

Hal itu dikarenakan efeknya akan terasa setelah Ramadan maupun Lebaran.

"Pembeli rata-rata dari end user. Kalau investor malah menunggu atau pending terlebih dahulu. Sehingga kemungkinan berimbas beberapa developer menjual komersial dengan harga menengah ke atas sekitar Rp 4 miliar  atau Rp 5 miliar per unit," paparnya.

Ketua DPD REI Jateng MR Prijanto menambahkan, adanya pemilu bagi masyarakat terutama masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebenarnya tidak ada masalah.

Namun memang ada yang terhambat dari pemerintah untuk kenaikan harga, yang seharusnya sudah bisa diberikan pada Januari 2019 tetapi belum ada hingga sekarang.

"Seperti diketahui, di Jateng harga untuk MBR kisaran Rp 130 juta per unit. Lima tahun yang lalu naik 5 persen. Tapi untuk tahun ini lebih dari 5 persen. Perkiraan kami harga di 2019 menjadi Rp 140 juta per unit," jelas Prijanto.  (Desta Leila Kartika)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved