IHGM DPD Jawa Tengah Bimbing SMK untuk Siap Masuk Perusahaan Perhotelan

Organisasi Indonesian Hotel General Manager (IHGM) DPD Jawa Tengah untuk pertama kalinya menggelar Rakerda di hotel Gets Semarang, Jumat (6/4/2019) ma

IHGM DPD Jawa Tengah Bimbing SMK untuk Siap Masuk Perusahaan Perhotelan
TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN
Wakil Ketua IHGM DPD Jawa Tengah, Ricky Tendean, saat sedang memaparkan pelaksanaan teknis pendampingan ke setiap SMK yang ada di Jawa Tengah, dalam Rakerda yang berlangsung di Hotel Gets Semarang, Jumat (6/4) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Organisasi Indonesian Hotel General Manager (IHGM) DPD Jawa Tengah untuk pertama kalinya menggelar Rakerda di hotel Gets Semarang, Jumat (6/4/2019) malam.

Rakerda ini dalam rangka membahas program kerjasama antara IHGM dengan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di seluruh Jawa Tengah.

Wakil Ketua DPD IHGM Jateng, Ricky Tendean, menjelaskan kerjasama ini merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata.

"Jadi kami akan melakukan pendampingan dalam bentuk pemberian edukasi kepada SMK tentang perhotelan. Kami juga sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Jawa Tengah untuk melaksanakan program ini," tuturnya.

Setidaknya ada 29 SMK di Jawa Tengah yang sudah bekerjasama dengan IHGM DPD Jateng. Terutama untuk sekolah yang memiliki jurusan Perhotelan dan Tata Boga.

"Setiap General Manager nantinya akan bertanggungjawab membimbing satu sekolah selama tiga tahun. Edukasi yang diberikan tak hanya kepada siswa, tapi juga guru-gurunya," imbuh Ricky.

Ricky juga menegaskan program ini untuk membantu pelaksanaan program pemerintah dalam hal pembangunan manusia. Sehingga diharapkan lulusan SMK siap menjadi profesional muda di bidang perhotelan.

"Kami akan membantu untuk menciptakan kualitas siswa yang dibutuhkan oleh perusahaan perhotelan. Jadi sekolah yang mendapatkan bimbingan diharapkan siap bekerja secara profesional," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD IHGM Jawa Tengah, Albert Widi Purnomo, mengatakan sampai saat ini ada 60 anggota yang sudah bergabung dengan IHGM Jawa Tengah.

"IHGM Jateng terbentuk sejak 2016. Anggota kami rata-rata adalah seorang General Manager hotel. Walaupun ada pula konsultan hotel," ucapnya.

IHGM DPD Jawa Tengah membawahi beberapa DPC yang dibagi per karesidenan. Seperti wilayah Semarang, Pekalongan, Tegal, Rembang, Solo, dan Magelang.

"Setiap DPC biasanya akan melakukan kegiatan yang bervariasi. Terutama kegiatan sosial terhadap masyarakat yang kurang mampu, maupun lingkungan," pungkasnya.(afn)

Penulis: faisal affan
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved