Pemkab Tegal dan Bank Indonesia Lanjutkan Kerjasama, Tugu Bawang Putih Tuwel Diluncurkan

Tugu Bawang Putih di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jateng, akhirnya diresmikan, Jumat (5/4/2019) sore kemarin.

Pemkab Tegal dan Bank Indonesia Lanjutkan Kerjasama, Tugu Bawang Putih Tuwel Diluncurkan
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Bupati Tegal Umi Azizah dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara berfoto di Tugu Bawang Putih Tuwel Kabupaten Tegal, Jumat (5/4/2019) sore kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Tugu Bawang Putih di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jateng, akhirnya diresmikan, Jumat (5/4/2019) sore kemarin.

Peluncuran Tugu Bawang Putih yang terpampang di pertigaan jalur utama menuju Obyek Wisata Guci ini sendiri langsung diresmikan oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara.

Selain orang nomer dua di BI, adapun hadir Bupati Tegal Umi Azizah, Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal Joni Marsius dan jajaran forkopimda lainnya yang ikut menyaksikan peresmian tersebut.

Secara pribadi, Mirza Adityaswara berbangga hati karena dengan hadirnya tugu tersebut menandakan pula kelanjutan kerjasama pengembangan varitas bawang putih antara Pemkab Tegal dengan BI.

Tak hanya itu, dia juga mengapresiasi soal kian bertambah luasnya area lahan pertanian bawang putih binaan kerjasama BI di Kabupaten Tegal.

Pasalnya, pada tahun 2015 awal mula kerjasama BI dengan Pemkab Tegal, kata Mirza, lahan pertanian bawang putih hanya sekitar 0,7 hektar saja.

"Kini, menginjak tahun keempat, lahan pertanian bawang putih meningkat menjadi 240 hektar," kata Mirza kepada Tribunjateng.com, Jumat (5/4/2019) kemarin.

Stunting Di Kabupaten Tegal 5 Persen, Bupati Sebut 5500 Balita Bertubuh Pendek Karena Asupan Gizi

Terkait dengan itu, Mirza menuturkan bahwa salah satu tugas BI di antaranya adalah menjaga dan memelihara kestabilan inflasi.

Salah satu upaya menjaga inflasi tersebut, ujar dia, yaitu membangun kluster bawang putih di Kabupaten Tegal.

Sebab, bawang putih adalah salah satu komkditas di Indonesia yang rentan untuk diimpor dan dapat mempengaruhi laju inflasi.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved