Video Lomba Pertunjukan Rakyat Guyon Maton di depan GOR Jatayu Kota Pekalongan

Guyon maton merupakan penyampaian informasi yang dibingkai dengan humor, sedangkan maton adalah tata cara penyampaian informasinya.

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Sejumlah grup binaan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Mitra) Kota Pekalongan, tampil menghibur masyarakat di depan GOR Jatayu Kota Pekalongan, Jumat (5/4/2019). Tak hanya menghibur, namun grup tersebut juga menyampaikan informasi serta kritik untuk pemerintah dan prilaku masyarakat sehari-hari.

Baik tentang korupsi, prilaku membuang sampah, serta kebijakan pemerintah dilontarkan dengan balutan guyonan. Sentilan para peserta atas perilaku masyarakat, ditambah dandan nyentrik membuat para penonton terpingkal-pingkal menyaksikan aksi para peserta. Zainal Muhibbin Ketua FK Mitra sekaligus juri dalam perlombaan guyon maton, menjelaskan, guyon maton merupakan cara menyampaikan informasi ke masyarakat.

"Guyon maton merupakan penyampaian informasi yang dibingkai dengan humor atau bahasa Jawa nya guyon, sedangkan maton adalah tata cara penyampaian informasinya," jelasnya, Jumat (5/4/2019). Zainal menuturkan grup yang mengikuti perlombaan berasal dari berbagai kecamatan di kota Pekalongan. "Ada beberapa grup dari empat kecamatan di Kota Pekalongan yang mengikuti perlombaan, ditambah dari satu komunitas," paparnya.(*)

Penulis: budi susanto
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved