Pemkab Brebes Akan Relokasi Pasar Belakang Kodim Karena Faktor Keselamatan

Pemerintah Kabupaten Brebes berencana merelokasi Pasar Belakang Kodim yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Brebes, karena faktor ekonomi.

Pemkab Brebes Akan Relokasi Pasar Belakang Kodim Karena Faktor Keselamatan
TRIBUN JATENG/M ZAENAL ARIFIN
Seorang pengendara melintas di depan Pasar Belakang Kodim, Brebes. Pemkab Brebes berencana merelokasi pasar tersebut berdasarkan kajian aspek ekonomi, sosial dan keselamatan. 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Pemerintah Kabupaten Brebes berencana merelokasi Pasar Belakang Kodim yang terletak di belakang Makodim Brebes, Jalan Jenderal Sudirman, Brebes.

Selain berdekatan dengan Pasar Induk, relokasi Pasar Belakang Kodim juga dikarenakan faktor sosial, ekonomi dan keselamatan.

Pasalnya, kerap terjadi kecelakaan yang melibatkan pengunjung pasar yang berada di tepi jalan Pantura Brebes itu.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan (Dinkopumdag) Brebes, Maryono mengatakan, relokasi tersebut berdasarkan keinginan dari bupati Idza Priyanti agar wilayah kota bersih dan tertib.

"Kondisi pasar itu sangat kumuh. Apalagi banyak terjadi kecelakaan karena lokasinya yang berada di pinggir jalan Pantura. Sehingga kami ingin merelokasi pasar itu," kata Maryono, Minggu (7/4/2019).

Satu Rumah di Tonjong Brebes Ambruk Terkena Terjangan Angin Kencang

Ia memaparkan, untuk rencana relokasi pasar itu, Dinkopumdag Brebes sudah melakukan kajian yang melibatkan beberapa pihak.

Dari kajiannya, menyatakan Pasar Belakang Kodim memang harus segera dipindah.

"Kajian sudah kita lakukan di pasar itu dan hasilnya layak untuk dipindahkan atau direlokasi berdasarkan aspek ekonomis dan sosial," jelas Maryono.

Untuk penggantinya, lanjutnya, Pemkab Brebes telah menyiapkan lahan seluas 5 hektar di di sebelah utara BLK Brebes, jalan Pangeran Diponegoro Nomor 150, Brebes.

Luasan tersebut lebih dari cukup untuk membangun Pasar Belakang Kodim yang baru dengan tipe A yang minimal luas lahan 4.000 meter persegi.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved