Selamatan Giling Tebu Pabrik Gula Trangkil, Wakil Bupati Pati Ajak Kuatkan Industri Gula Nasional

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menghadiri Selamatan Giling Pabrik Gula Trangkil Tahun 2019 di PG Trangkil, Sabtu (6/3/2019).

Selamatan Giling Tebu Pabrik Gula Trangkil, Wakil Bupati Pati Ajak Kuatkan Industri Gula Nasional
Ist/Humas Setda Kabupaten Pati
Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menghadiri Selamatan Giling Pabrik Gula Trangkil Tahun 2019 di PG Trangkil, Sabtu (6/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menghadiri Selamatan Giling Pabrik Gula Trangkil Tahun 2019 di PG Trangkil, Sabtu (6/3/2019).

Hadir pula dalam kegiatan itu, Forkopimda, Komisaris PT Kebun Agung Surabaya, Direktur Utama PT Kebun Agung Surabaya, Pimpinan PG Trangkil dan para karyawan PG trangkil.

Dalam sambutannya, Safin, panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa prosesi selamatan giling merupakan tradisi yang dimaksudkan untuk memohon kepada Allah agar giling dapat berlangsung lancar dan sukses serta tahun ini lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Video Destinasi Pati Agrowisata Jollong di Pegunungan

Untuk menunjang hal tersebut, lanjut Safin, diperlukan antisipasi iklim, efisiensi, perhatian pada limbah, serta kerja sama dengan berbagai pihak, baik petani, pabrik gula, maupun pemerintah.

"Saya juga ingin menekankan agar semua pihak terkait untuk selalu memperhatikan adanya nilai tambah bagi petani, dan komitmen kita dalam upaya pencapaian swasembada gula nasional tahun 2019 melalui program akselerasi peningkatan produksi gula," imbuhnya.

Melihat perkembangan PG Trangkil dan hasil evaluasi Musim giling tahun 2018, Safin menilai kondisinya sudah cukup baik.

Berkaca pada kondisi tersebut, Wabup Safin juga mengingatkan pada para pemuda, agar tidak selalu ingin atau berangan-angan menjadi PNS saja.

"Namun juga harus dapat memikirkan tentang bagaimana bisa membuka sebuah usaha kemudian mengembangkan usaha tersebut dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini," ujarnya.

Pihaknya juga mengajak semua pihak yang terkait dengan produktivitas gula, untuk mengembangkan sikap-sikap yang lebih terbuka dan lebih memiliki komitmen kuat sehingga sektor pertebuan dan pergulaan dapat terus eksis dalam mendukung perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini merupakan tantangan kita bersama untuk mewujudkan, mempertahankan, dan meningkatkan industri gula Indonesia agar tidak kalah bersaing dengan gula impor. Dan untuk ke depannya kita berharap pemerintah meninjau kembali permasalahan gula impor dan merevisi Iagi regulasi tentang pergulaan yang berpihak pada pergulaan nasional, bukan pada gula impor," imbuhnya.

Selanjutnya Wabup Safin mengajak semua pihak khususnya Jajaran PG Trangkil untuk membulatkan tekad dan harapan agar musim giling tahun 2019 lebih sukses lagi.

"Semoga musim giling tahun ini dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan sukses serta memberikan manfaat pada keluarga besar PG Trangkil khususnya dan masyarakat Pati pada umumnya," pungkasnya. (*)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: suharno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved