168 Peserta dari Jabatan Fungsional UPT Dinkes & RS di Jateng Laksanakan Uji Kompetensi Naik Jabatan

"Hasil uji kompetensi ini nanti bersamaan dengan Penilaian Angka Kredit (PAK) untuk dijadikan dasar naik jabatan," jelas Heri

168 Peserta dari Jabatan Fungsional UPT Dinkes & RS di Jateng Laksanakan Uji Kompetensi Naik Jabatan
Tribunjateng.com/idayatul rohmah
Beberapa peserta yang merupakan jabatan fungsional UPT Dinkes dan Rumah Sakit Provinsi Jawa Tengah mengikuti uji kompetensi perawat di lantai, 8 Gedung Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Jumat (05/04/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - 168 peserta dari jabatan fungsional UPT Dinkes dan Rumah Sakit Provinsi Jawa Tengah mengikuti uji kompetensi perawat di lantai, 8 Gedung Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Kamis hingga Jumat (05/04/2019).

Ada lima fungsional yang mengikuti uji kompetensi ini, di antaranya perawat, perawat gigi, rekam medis, dan radiografer.

Kepala Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan Heri Purnomo S.KM M.Kes menuturkan, peserta uji kompetensi adalah jabatan fungsional yang akan naik jabatan.

Uji kompetensi dilakukan untuk memastikan kelayakan peserta dalam menduduki jabatan yang sebelumnya untuk kemudian naik ke jenjang yang lebih tinggi.

"Hasil uji kompetensi ini nanti bersamaan dengan Penilaian Angka Kredit (PAK) untuk dijadikan dasar naik jabatan," jelas Heri.

Ada dua metode dalam uji kompetensi ini, yakni dalam bentuk portofolio dan lisan atau wawancara.

Portofolio terdiri atas semua hal atau aktivitas kegiatan jabatan fungsional peserta selama satu sampai dua tahun sebelumnya.

Antara lain bukti fisik, berkas-berkas kelengkapan lainnya.

"Semakin banyak bukti fisik semakin lama verifikasi ujiannya," tutur Heri.

Sedangkan wawancara, untuk membuktikan pengetahuan peserta terkait ilmu yang telah menjadi tugas dalam jabatan fungsionalnya.

Halaman
12
Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved