Kunjungi BPR BKK Karangmalang Sragen, Water.org Bangladesh-India Belajar Pengelolaan Pembiayaan

ebanyak 20 orang perwakilan mitra Water.org dari Bangladesh dan India kunjungi PD BPR BKK) Karangmalang sragen

Kunjungi BPR BKK Karangmalang Sragen, Water.org Bangladesh-India Belajar Pengelolaan Pembiayaan
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI MAULANI
Water.org Bangladesh dan India kunjungi BPR BKK Karangmalang Sragen, Selasa (9/4/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Sebanyak 20 orang perwakilan mitra Water.org dari Bangladesh dan India kunjungi Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan (PD BPR BKK) Karangmalang Sragen, Selasa (9/4/2019).

Water.org merupakan organisasi non pemerintah dari Amerika Serikat, yang memfokuskan diri memberikan akses pembiayaan air bersih dan sanitasi secara terjangkau untuk masyarakat berpenghasilan rendah, dan telah bekerja selama 20 tahun terakhir di hampir 11 negara berkembang.

Water.org sendiri dari Afrika, Amerika Latin, Asia Selatan dan Asia Tenggara, sementara di Indonesia Water.org sudah mulai melakukan pekerjaannya dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Kunjungan ini guna mengetahui sumbangsih PD BPR BKK Karangmalang terhadap perluasaan akses air bagi masyarakat di Sragen.

Staf Engagement Water.org Indonesia Reny Yuniawati mengatakan kunjungan ini dalam rangka belajar mengenai pengawasan institusi keuangan dalam memberikan pelayanan akses air bersih dan sanitasi bagi nasabah kurang mampu di wilayahnya masing-masing.

“Mitra Water.org dari Bangladesh dan India ini juga dari institusi lembaga keuangan dan lembaga swadaya masyarakat," ujar Reny.

Reny juga menjelaskan di Bangladesh dan India selama ini baru ingin memastikan dan berkontribusi untuk memberikan pelayanan pembiayaan pembangunan akses air bersih dan sanitasi di negaranya. 

"Kita belajar bagaimana mitra water.org di Indonesia bisa menjalankan program pembiayaan akses air bersih dan sanitasi secara terukur dan bisa diawasi prosesnya dengan baik,” jelasnya.

Pada kesempatan ini pula peserta sempat disambut dan dijamu langsung oleh Wakil Bupati Sragen, Dedy Endriyatno, sebelum melakukan pembelajaran dan berbagi pengalaman bersama di kantor BPR BKK Karangmalang.

Dalam kunjungan di BPR Karangmalang rombongan berdiskusi langsung dengan Direktur Utama BKK Karangmalang, Raji.

Bersama Senior Program Water.org Indonesia, Rachmad Hidayad, Sonal Gaurishankar, Senior Portfolio Manager Water.org South Asia, Gabrielle Puz, Senior Porthfolio Manager Water.org, South Asia, dan Abu Aslam, Program Manager dari Water.org Bangladesh.

Dalam kesempatan tersebut, Raji menjelaskan bahwa Water.org Indonesia dan BPR BKK Karangmalang berupaya memberikan bantuan dalam bentuk pembiayaan bagi kelompok pengelolaan air perdesaan dalam program yang diinisiasi Pansimas melalui kelompok BPSPAMS (Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi yang ada di Sragen. 

"Saat ini ada 100-an BPSAPM di Sragen namun baru sekitar 12 kelompok yang sudah mengakses pembiayaan dari BKK," jelas Raji.

Sragen sendiri sebanyak 1800-an yang sudah mendapatkan akses air bersih melalui perluasaan jaringan BPSPAMS yang terbangun dengan pembiayaan dari BPR BKK Karangmalang.

"Hal ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat baik untuk konsumsi maupun kesehatan," lanjut dia. (uti)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved