Lihat Sampah di Kota Semarang? Potret dan Kirim Saja ke Aplikasi Silampah

Masyarakat diimbau manfaatkan aplikasi Sistem Lapor Sampah (Silampah) untuk melapor jika mendapati tumpukan sampah di Kota Semarang

Lihat Sampah di Kota Semarang? Potret dan Kirim Saja ke Aplikasi Silampah
tribun Jateng/Eka Yulianti Fajlin
Admin aplikasi Sistem Lapor Sampah (Silampah) Kota Semarang, sedang mengecek laporan warga, Selasa (9/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang, Muthohar, mengimbau masyarakat memanfaatkan aplikasi Sistem Lapor Sampah (Silampah) untuk melapor jika mendapati tumpukan sampah di Kota Semarang utamanya di jalan protokol.

"Jika melihat sampah di jalan protokol jangan dibiarkan hingga berlama-lama. Segera lapor saja kepada kami melalui aplikasi Silampah," pinta Muthohar, Selasa (9/4/2019).

Adapun sistem kerja dari aplikasi tersebut, jelas Muthohar, masyarakat hanya mengunduh aplikasi Silampah melalui play store.

Mereka hanya memotret, kemudian mengirimkan ke aplikasi tersebut.

Petugas penjaga server aplikasi Silampah akan segera melanjutkan laporan tersebut.

Selanjutnya, satgas DLH akan mengambil sampah tersebut.

Ketika melapor, masyarakat diwajibakan untuk menyertakan lokasi tumpukan sampah secara jelas sehingga satgas dapat menanganinya dengan mudah.

"Warga tinggal memotret dan diberikan keterangan lokasi, langsung satgas dari DLH akan mendekat di lokasi sampah tersebut. Sehingga sampah tersebut tidak terlalu lama dan bisa diambil," tuturnya.

Muthohar mengakui, aplikasi ini baru disosialisasikan di tingkat kelurahan saja, sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya aplikasi silampah ini.

Stakeholder lain belum diberikan sosialisasi terkait aplikasi ini.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved