Tercatat Ada 7 Peserta UNBK SMA di Kabupaten Tegal Mengundurkan Diri

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dan Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Tegal berlangsung lancar, namun ada beberapa catatan.

Tercatat Ada 7 Peserta UNBK SMA di Kabupaten Tegal Mengundurkan Diri
Tribun Jateng/Akhtur Gumilang
Ilustrasi / Pelajar SMKN 2 Slawi Kabupaten Tegal sedang melaksanakan UNBK hari pertama, Senin (25/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dan Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Tegal berlangsung lancar, namun ada beberapa catatan.

UNBK yang berakhir pelaksanaannya pada Senin (8/4/2019) kemarin, ada tujuh siswa dari SMA maupun MA yang tercatat mengundurkan diri.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Tegal, Mimik Supriyatin menyebut, tujuh siswa yang mengundurkan diri karena berbagai alasan.

"Di antaranya mengundurkan diri karena pindah sekolah maupun keluar. Kalau mengundurkan diri dipastikan akan ikut UNBK tahun depan," kata Mimik kepada Tribunjateng.com, Selasa (9/4/2019).

Dia mengatakan, tujuh siswa yang mengundurkan diri itu berasal dari enam SMA/MA di antaranya, SMAN 1 Balapulang, SMAN 1 Bojong, SMAN Muhammadiyah Suradadi, SMA NU 1 Penawaja Adiwerna, SMAN 1 Dukuhwaru, dan MA Almuzamil Balapulang.

Dari info yang didapat Mimik, dua siswa dari SMAN Muhammadiyah Suradadi mengundurkan diri dari UNBK karena keluar sekolah.

"Jadi, masing-masing dari sekolah itu satu siswanya mengundurkan diri. Sejauh ini, UNBK di Kabupaten Tegal lancar," tambah dia.

Lebih lanjut, Mimik menyebut sempat ada kendala teknis berupa listrik padam saat pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Pagerbarang, hari pertama sesi 3.

Kala itu, UNBK hari pertama, Senin (1/4/2019) lalu, SMAN 1 Pagerbarang diterjang hujan lebat pada sesi ketiga sehingga listrik menjadi padam.

Namun kendala itu, ujar dia, bisa teratasi cepat karena masing-masing sekolah terlebih dahulu sudah menyiapkan genset.

"Sehingga kendala teknis itu bisa cepat teratasi. Jadi tidak masalah. Dari hasil pantauan kami, UNBK SMA/MA di sini berjalan lancar dan aman," tuturnya.

Perlu diketahui, sebanyak 4.878 siswa dari SMA maupun MA di Kabupaten Tegal melaksanakan UNBK tahun ini.

Mereka terdiri dari 3.672 siswa SMA dan 1.206 siswa MA se-Kabupaten Tegal.

Namun karena tujuh mengundurkan diri, total siswa yang mengikuti UNBK baik dari SMA maupun MA jadi sebanyak 4871. (TRIBUN JATENG/GUM).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved