48 Ribu Warga Kota Semarang Masih Menganggur, Lulusan SMA/SMK Terbanyak

Adapun jumlah pengangguran paling banyak adalah tingkat SMA/SMK yang mencapai 15 ribu warga

48 Ribu Warga Kota Semarang Masih Menganggur, Lulusan SMA/SMK Terbanyak
Tribunjateng.com/Eka Yulianti Fajlin
Para pencari kerja sedang mengisi formulir pendaftaran Jobfair yang diadakan oleh Disnaker di Gedung Rimba Graha, Rabu (10/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tingkat pengangguran Kota Semarang mencapai 5,29 persen atau sekitar 48 ribu warga. Jumlah tersebut turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 6,61 persen.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota (Disnaker) Kota Semarang, Iwan Budi Setiawan mengatakan jumlah tersebut dari berbagai tingkat pendidikan mulai SMP, SMA/SMK, dan Perguruan Tinggi.

Adapun jumlah pengangguran paling banyak adalah tingkat SMA/SMK yang mencapai 15 ribu warga.

"Itu bukan karena Disnaker. Jika pengangguran naik juga bukan karena Disnaker karena pengangguran tidak hanya ditanggung pemerintah," ujar Iwan di sela-sela Jobfair yang diselenggarakan oleh Disnaker di Gedung Rimba, Rabu (10/4/2019).

Iwan menyebutkan, faktor utama tingginya pengangguran di Kota Semarang yaitu banyaknya lembaga pendidikan yang meluluskam ribuan pelajar maupun mahasiswa namun lowongan yang tersedia di Kota Semarang tidak seimbang dengan jumlah lulusan.

Selain itu, sebagai kota yang dipenuhi dengan warga pendatang membuat peluang warga Kota Semarang untuk mendapatkan pekerjaan juga berkurang.

"Seperti penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) kemarin, di tempat saya ada enam ASN yang masuk. Itu saja bukan orang Semarang semua. Kami tidak bisa memblokir luar orang Semarang untuk masuk," paparnya.

Berbagai upaya untuk mengurangi pengangguran di Kota Semarang, lanjut Iwan, telah dilakukan oleh Disnaker seperti penyelenggaraan Jobfair.

Pada jobfair kali ini, sebanyak 53 perusahaan hadir dengan 3.813 lowongan pekerjaan. Jobfair yang diselenggarakan Disnaker ini akan berlangsung hingga Kamis (11/4/2019).

"Kami rutin menyelenggarakan Jobfair dua kali dalam setahun. Pertama menyambut HUT Kota Semarang, nanti juga kami adakan lagi menyambut HUT RI," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved