Dinkes Jateng Target Turunkan Kasus Stunting Menjadi di Bawah 20 Persen

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menargetkan penurunan angka stunting di Jawa Tengah di bawah 20 persen

Dinkes Jateng Target Turunkan Kasus Stunting Menjadi di Bawah 20 Persen
Tribunjateng.com/idayatul rohmah
Kabid Kesmas Dinkes Prov Jateng, dr Wahyu Setianingsih, M.Kes. Epid di sebelah kiri bersama staf Promkes Dinkes Prov Eni lystiani, SKM, M.Kes di salah satu radio Kota Semarang, Selasa (09/04/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menargetkan penurunan angka stunting di Jawa Tengah di bawah 20 persen.

Hal itu disampaikan Kabid Kesmas Dinkes Prov Jateng, dr Wahyu Setianingsih, M.Kes. Epid usai menghadiri acara di salah satu radio Kota Semarang, Selasa (09/04/2019).

Menurutnya, jumlah stunting di Jateng saat ini masih tinggi, yakni 28 persen dari jumlah balita sehingga penurunan harus gencar dilakukan.

"Berdasarkan angka yang ditetapkan WHO, dianggap bermasalah kesehatan kalau angka stunting di atas 20 persen. Kita harus turunkan sampai dengan di bawah 20 persen," jelasnya.

Ia menyampaikan, sebelumnya stunting di Jateng sempat mengalami penurunan menjadi 24 persen di tahun 2018.

Namun, angka tersebut belum mencapai target sehingga perlu diturunkan lagi hingga tidak ada stunting dalam jangka waktu lima tahun ke depan.

"Secepat mungkin kalau bisa tidak dalam waktu lima tahun. Target di bawah 20 persen itu dalam dua sampai tiga tahun harusnya sudah bisa maksimal sehingga lima tahun ke depan sudah di bawah 20 persen, bahkan hingga 0 untuk lima tahun ke depan," tandasnya. (*)

Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved