Jawa Tengah Raih Penghargaan Wisata Halal Unggulan 2019

Provinsi Jateng dianugerahi penghargaan wisata unggulan dari Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Jawa Tengah Raih Penghargaan Wisata Halal Unggulan 2019
Istimewa
Piagam penghargaan wisata halal unggulan untuk Jawa Tengah 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Provinsi Jateng dianugerahi penghargaan wisata unggulan dari Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Jateng menjadi bagian dari 10 daerah di Indonesia yang memiliki wisata halal unggulan berstandar global 2019.

10 daerah tersebut, antara lain Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Riau dan Riau Kepulauan, Nusa Tenggara Barat, DI Yogyakarta, Sumatera Barat, Jawa Timur (Malang Area), Aceh, dan Sulawesi Selatan (Makassar).

Hal itu disampaikan Menpar di sela membuka sekaligus menjadi keynote speaker pada acara Wonderful Indonesia Halal Tourism Meeting and Conference 2019 yang berlangsung di Pullman Hotel Jakarta, Selasa siang (9/4/2019).

Pada kesempatan itu, selain pemberian penghargaan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019 kepada Top 5 dari 10 destinasi wisata halal unggulan Indonesia, juga diluncurkan Global Muslim Travel Index (GMTI) Report 2019 oleh MasterCard-CrescentRating, serta penandatangan MoU antara Kemenpar dengan 12 dinas pariwisata provinsi/kabupaten/kota.

Arief Yahya menjelaskan, Indonesia menjadi salah satu negara yang diperhitungkan dalam industri pariwisata halal (halal tourism) dunia.

Sebagai pemain global (global player), Indonesia menggunakan standar global (global standard) dengan mengadopsi standar GMTI.

“Indonesia tahun ini menargetkan menjadi ranking pertama sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia. Kita menargetkan lima juta wisman (wisatawan mancanegara) muslim friendly atau 25% dari target 20 juta wisman tahun ini,” kata Arief.

Dengan apresiasi dari Kemenpar itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng Nugroho Rachmadi berharap semua pelaku pariwisata di Jateng terus bersinergi merawat sikap keramahtamahan dan penyediaan fasilitas, serta makin informatif.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved