Pelni: Fasilitas Keamanan Perahu Wisata Karimunjawa Masih Minim, Rompi Pelampung Misalnya

Peningkatan potensi pariwisata di Karimunjawa tidak diimbangi fasilitas keamanan bagi wisatawan.

Pelni: Fasilitas Keamanan Perahu Wisata Karimunjawa Masih Minim, Rompi Pelampung Misalnya
TRIBUN JATENG/RIVAL ALMANAF
Direktur Utama PT Pelni (Persero), Insan Purwarisya Tobing memberikan life jacket kepada pelaku Pariwisata Karimunjawa di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (10/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Peningkatan potensi pariwisata di Karimunjawa tidak diimbangi fasilitas keamanan bagi wisatawan.

Atas dasar itu, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) gelar program CSR melalui pembagian dua ribu life jacket --rompi pelampung--.

Itu disalurkan kepada delapan daerah melalui kantor cabang untuk pelayaran rakyat (Pelra) di Medan, Tanjung Pinang, Karimunjawa, Luwuk, Nunukan, Tahuna, Larantuka, dan Sorong.

Secara simbolis diserahkan bersamaan melalui program penyaluran Paket Pangan Murah BUMN.

“Hari ini kami serahkan 250 life jacket untuk para mitra kerja pelayaran dari Karimunjawa sebagai pembuka terlebih dahulu,” kata Direktur Utama PT Pelni (Persero), Insan Purwarisya Tobing di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (10/4/2019).

Kepada perwakilan penerima life jacket Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara, Insan berpesan agar itu dapat digunakan untuk penumpang perahu wisata dari pulau ke pulau.

Ia pernah sekali berkunjung, menurutnya rompi pelampung itu terkadang jumlahnya tidak sesuai penumpang.

"Malah ada juga yang disimpan di tempat sulit dijangkau. Seharusnya rompi ini dipakai sebelum mulai berlayar dan sesudahnya," ucapnya lebih lanjut.

Ia mengakui jumlah bantuan yang diberikan memang tidak mencukupi jika dibandingkan jumlah wisatawan Karimunjawa.

Namun, ia berharap upaya itu bisa menjadi pemantik kepada industri pariwisata untuk menjadikan rompi pelampung sebagai sarana wajib dan dipakai.

Halaman
12
Penulis: rival al-manaf
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved