Pemkab Brebes Siapkan Rp 28 Miliar untuk Bayar Kenaikan Gaji PNS Selama 2019

"Besaran pendapatannya setiap PNS berbeda-beda. Tergantung masa kerjanya juga," tambahnya

Pemkab Brebes Siapkan Rp 28 Miliar untuk Bayar Kenaikan Gaji PNS Selama 2019
KONTAN/Cheppy A Muchlis
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Pemkab Brebes telah menyiapkan anggaran untuk membayar kenaikan gaji seluruh PNS di lingkungan Pemkab Brebes. Untuk membayar kenaikan gaji selama satu tahun, Pemkab mengalokasikan anggaran hingga Rp 28 miliar.

Kepala Bidang (Kabid) Anggaran Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BBPKAD) Brebes, Subandi mengatakan, anggaran untuk pembayaran kenaikan gaji PNS sebesar 5 persen telah disiapkan sejak 2018 lalu. Sehingga, pada 2019 ini tinggal mencairkan saja.

"Anggaran untuk kenaikan gaji PNS sebesar 5 persen sudah kita siapkan sejak awal. Sehingga gak mempengaruhi APBD 2019. Meskipun pencairannya dilakukan di 2019," kata Subandi, Rabu (10/4/2019).

Ia menjelaskan, kenaikan gaji PNS mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang kenaikan gaji PNS. Setiap PNS akan menerima kenaikan gaji sebesar 5 persen yang dihitung dari gaji pokok dan dimulai Januari 2019.

Suwandi memaparkan, pihaknya telah mencairkan kenaikan gaji untuk April 2019 ini yang diberikan bersamaan dengan pencairan gaji. Sedangkan untuk Januari-Maret, rencananya akan dicairkan mulai Kamis (11/4/2019) besok dengan cara dirapel.

Hanya saja, pencairan rapelan kenaikan gaji tersebut akan dibayarkan secara bertahap. Subandi menerangkan, hal itu berdasarkan dokumen usulan pencairan dari masing-masing instansi di lingkungan Pemkab Brebes.

"Jika dokumen itu lengkap, proses pencarian rapel kenaikan gaji selama tiga bulan bisa kita lakukan besok (Kamis--red). Tapi kalau belum lengkap, kami akan minta untuk segera diperbaiki," paparnya.

Terkait besaran kenaikan yang diterima setiap PNS, Suwandi menyebutkan, pastinya berbeda-beda. Pasalnya, hal itu disesuaikan dengan gaji pokok masing-masing yang tentunya berbeda antara golongan II, III dan IV.

"Besaran pendapatannya setiap PNS berbeda-beda. Tergantung masa kerjanya juga," tambahnya.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Derah (BKPSDMD) Kabupaten Brebes, Imam Baehaqi mengungkapkan, Jumlah PNS di lingkungan Pemkab Brebes mencapai 9.883 orang.

"Ada 9.883 PNS di Pemkab Brebes. Itu yang aktif per 1 April 2019," kata Imam.

Sementara itu, seorang PNS di lingkungan Pemkab Brebes, Husein mengatakan, dirinya telah menerima kenaikan gaji untuk bulan April. Dari gaji pokoknya Rp 3,2 juta, ia mendapat tambahan Rp 160 ribu atau 5 persennya.

"Kemarin awal bulan sudah masuk gaji dan kenaikannya. Baru bulan April. Yang Januari-Maret belum. Meski angkanya kecil, tapi saya bersyukur ada kenaikan," kata pria yang berdinas di Satpol PP Brebes itu. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved