Dinkes Jateng Perkirakan Baru Temukan 50 Persen Kasus HIV/Aids

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah memperkirakan baru menemukan sekira 50 persen dari estimasi kasus HIV/Aids di Jawa Tengah.

Dinkes Jateng Perkirakan Baru Temukan 50 Persen Kasus HIV/Aids
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah dr Yulianto Prabowo M.Kes usai Pertemuan Penerapan Aspak pada Penyusunan Kebutuhan SPA Fasyankes di Hotel Dafam Semarang, Senin (08/04/2019). 

Dinkes Jateng Perkirakan Baru Temukan 50 Persen Kasus HIV/Aids

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah memperkirakan baru menemukan sekira 50 persen dari estimasi kasus HIV/Aids di Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr Yulianto Prabowo M.Kes menuturkan, Estimasi kasus HIV/Aids di Jawa Tengah mencapai 47.000 dan penemuan secara kumulatif baru sekira 23.500 sejak tahun 1993 hingga tahun 2018.

"Prevalensi kasus HIV/Aids di Jawa Tengah 0,5 persen atau setiap 100 ribu ada 50 Orang dengan HIV/Aids (ODHA). Kami baru menemukan separuhnya," jelasnya seusai membuka Pelatihan Dukungan dan Pengobatan (PDP) HIV/Aids bagi petugas Puskesmas dan rumah sakit di Hotel Grasia Semarang yang berlangsung hingga Jumat, (12/04/2019).

Kendati begitu, lanjutnya, belum diketahui secara pasti terkait separuhnya atau yang sejauh ini belum ditemukan.

Menurutnya, jumlah yang belum ditemukan itu bisa berarti ada dan bisa juga tidak ada.

"Kami belum menemukan. Bisa saja karena diskriminasi atau bisa saja dia tidak tahu statusnya beresiko," terangnya.

Di sisi itu, Yulianto mengaku pihaknya sedang berupaya menemukan kasus HIV/Aids baik melalui Fasilitas Kesehatan (Faskes) maupun pendekatan keluarga.

"Pencegahan promotif dan preventif penting untuk memutuskan rantai penularan, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat HIV/Aids," imbuhnya. (idy)

Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved