Kasus Penipuan KKL Unsoed Purwokerto ke Thailand, Polisi Tetapkan 1 Tersangka

Polisi menetapkan satu orang tersangka kasus dugaan penipuan puluhan mahasiswa Unsoed Purwokerto, Jawa Tengah yang batal KKL di Thailand.

Kasus Penipuan KKL Unsoed Purwokerto ke Thailand, Polisi Tetapkan 1 Tersangka
KOMPAS.com/FADLAN MUKHTAR
Mahasiswa dan dosen Jurusan Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto ke Mapolres Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Polisi menetapkan satu orang tersangka kasus dugaan penipuan puluhan mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman ( Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah yang batal kuliah kerja lapangan (KKL) di Thailand.

“Direktur Biro Perjalanan Mercare Indonesia berinisial APN (24) sudah kita tetapkan sebagai tersangka. Dia yang bertanggungjawab. Kita sudah periksa saksi dan korban,” kata Kasat Reskrim Polres Banyumas, Jawa Tengah, AKP Agung Yudiawan di Purwokerto, Kamis (11/4/2019).

Agung menjelaskan tersangka gagal memberangkatkan mahasiswa dan dosen ke Thailand karena perusahaannya sedang terbelit masalah keuangan.

Seluruh peserta KKL telah diberi pasport, namun hanya 9 orang yang namanya terdaftar dalam manifest penumpang pesawat.

“Dia ngakunya baru sekali ini (melakukan penipuan), masih kita kembangkan terus. Katanya uangnya masih ada, tapi belum kita cek. Menurutnya ada permasalahan ketika pemesanan tiket. Kita juga belum menelusuri legalitas perusahaan tersebut,” ujar Agung.

Hendak KKL ke Thailand, Puluhan Mahsiswa Unsoed Tertipu Agen Travel. Kerugian Ratusan Juta

Di menyebut kemungkinan besar akan ada tersangka lain dalam kasus tersebut.

“Kemungkinan (akan) ada tersangka lain, karena orang yang datang ke sini (untuk presentasi dan mengurus pemberangkatan) beda-beda. Sementara baru satu orang yang jadi tersangka. Tersangka ini masih berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Jakarta,” kata Agung.

Agung mengatakan tersangka akan dikenakan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 tahun.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mahasiwa Asal Jakarta Ditetapkan Tersangka Kasus Penipuan Mahasiswa KKL Unsoed ke Thailand"

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved