Lomba MTQ Tingkat Kabupaten Tegal Dibuka, Berharap Bisa Kembali Berjaya Seperti Dua Tahun Lalu

Acara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar dan Umum Tingkat Kabupaten Tegal dibuka, Kamis (11/4/2019) di Aula MAN 1 Tegal, Kecamatan Lebaksiu.

Lomba MTQ Tingkat Kabupaten Tegal Dibuka, Berharap Bisa Kembali Berjaya Seperti Dua Tahun Lalu
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Asisten Bidang Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Tegal Mohamad Nur Makmun membuka lomba MTQ Pelajar dan Umum Tingkat Kabupaten Tegal di Aula MAN 1 Tegal, Kamis (11/4/2019) di Aula MAN 1 Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Acara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar dan Umum Tingkat Kabupaten Tegal dibuka, Kamis (11/4/2019) di Aula MAN 1 Tegal.

Asisten Bidang Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Tegal Mohamad Nur Makmun membuka acara mewakili Bupati Tegal Umi Azizah.

Adapun tema MTQ itu adalah Amalkan Alquran Demi Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Tegal yang Sejahtera, Mandiri, Unggul, Berbudaya, dan Berakhlak Mulia.

"MTQ bukan semata-mata ajang perlombaan membaca dan menghafal kitab suci Alquran. Tetapi sarana membangun mentalitas dan spiritualitas lewat pemahaman," kata Makmun.

Menurut Makmun, MTQ bisa menjadi ajang silaturahmi atau sarana untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah, sekaligus media untuk menunjukkan Islam itu indah dan damai.

Dia menambahkan, di era keterbukaan informasi seperti saat ini, peran para ulama, santri, qori dan qoriah dianggap penting untuk mengamalkan keilmuannya.

"Kami menitipkan pesan agar selalu jaga perdamaian, persatuan, dan persaudaraan, dan tetap santun, saling menghormati serta menghargai demi untuk kepentingan bangsa," kata Makmun.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kabupaten Tegal, Fakihurrohim menyebut, selain pembukaan MTQ tingkat kabupaten, pihaknya pun turut menyalurkan bantuan hibah dan bantuan sosial Tahun Anggaran 2019 secara simbolis dimana totalnya mencapai Rp 13,7 miliar.

Dia mengatakan, Kabupaten Tegal pernah menjadi Juara Umum Ttingkat Provinsi Jawa Tengah pada 2017.

Lalu MTQ tahun lalu, kata dia, Kabupaten Tegal mendapat ranking kelima tingkat Jawa Tengah.

"Harapannya wakil yang nanti juara dan dikirim ke tingkat provinsi bisa mengharumkan nama baik Kabupaten Tegal," harap Fakih. (AKhtur Gumilang)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved