LP2M UIN Walisongo Gelar Lokakarya Penentuan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1440 H

LP2M Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang gelar Lokakarya Imsakiyah Ramadhan 1440 H atau 2019 M, Rabu (10/4/2019) siang.

LP2M UIN Walisongo Gelar Lokakarya Penentuan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1440 H
TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Suasana lokakarya penentuan jadwal imsakiyah ramadhan 1440 H di Auditorium I Kampus 1 UIN Walisongo Semarang, Rabu (10/4/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang gelar Lokakarya Imsakiyah Ramadhan 1440 H atau 2019 M, Rabu (10/4/2019) siang.

Kegiatan rutin setiap tahunnya dalam rangka menyambut bulan puasa tersebut digelar di Auditorium I Kampus 1 UIN Walisongo Semarang.

Kali ini, LP2M bekerja sama dengan Prodi Magister Ilmu Falak Fakyltas Syariah dan Hukum UIN Walisongo.

Turut hadir Anggota Badan Hisab Rukyah RI dan Ahli Falak Nasional dari UIN Walisongo; Drs H Slamet Hambali, Ketua Umum Asosiasi, Dosen Falak Indonesia dan Kaprodi S.2 Pascasarjana Ilmu Falak UIN Walisongo, Dr H Ahmad Izzudin, beberapa organisasi islam se Semarang, perwakilan pengurus masjid dan mushola se Semarang, dan juga para mahasiswa S.1 S.2 jurusan Ilmu Falak UIN Walisongo.

Para peserta dengan jumlah lebih dari 100 orang berkumpul sejak pukul 12.30 untuk mengikuti pemaparan materi dan metode penetapan awal maupun akhor ramadhan, jadwal imsakiyah dengan menggunakan ilmu perhitungan.

Dengan hadirnya beberapa pakar di bidang ilmu falak, kemudian dilakukan pembahasan lebih mendalam untuk menentukan jadwal sehingga mendapatkan hasil yang akurat.

Ahmad Izzudin mengatakan, kegiatan lokakarya tersebut guna menentukan kepastian kapan awal dan akhir ramadhan, memberikan jadwal imsakiyah yang bisa dipertanggungjawabkan dan menjadi pedoman masyarakat untuk melaksanakan puasa.

"Ya Membahas data-data hisab awal ramadhan dan awal syawal juga jadwal imsakiyah selama bulan ramadhan.
Tentunya dengan berbagai metode yang diperbandingkan, nantinya diambil hasil yang akurat sehingga bisa menjadi pedoman bersama," ujar Izzudin.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM)UIN Walisongo, Ali Imron mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu ikhtiar kampus dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

Dengan menggunakan metode hisab dan melalui pembahasan oleh berbagai ahli disiplin ilmu menghasilkan jadwal awal ramadhan 1440 H.

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved