Ratusan Hektare Sawah di Demak Terendam Banjir Akibat Tanggul Jebol

Ratusan hektare sawah di Desa Blerong dan Desa Pilangsari Kecamatan Guntur Kabupaten Demak terendam banjir, Kamis (11/4/2019).

Ratusan Hektare Sawah di Demak Terendam Banjir Akibat Tanggul Jebol
Tribunjateng/Alaqsha Gilang Imantara
Petugas BPBD Demak, PMI Demak dan warga setempat memperbaiki tanggul yang jebol menggunakan pohon dan bambu di Desa Blerong, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Kamis (11/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Ratusan hektare sawah di Desa Blerong dan Desa Pilangsari Kecamatan Guntur Kabupaten Demak terendam banjir, Kamis (11/4/2019).

Ratusan hektare sawah ini terendam banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Afur Kalireong di Desa Blerong, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak.

Meningkatnya debit air di Sungai Afur Kalireong, mengakibatkan tanggul jebol dan tidak bisa menahan air sehingga merendam persawahan seluas kurang lebih 150 hektar di Desa Blerong dan Desa Pilangsari.

Belasan petugas BPBD Demak, PMI Demak, dan warga setempat memperbaiki tanggul yang jebol menggunakan pohon, bambu, dan tanah urug.

Sekretaris Desa Blerong, Zaenal Arifin mengatakan tanggul Desa Blerong jebol, Rabu (10/4/2019) jam 5 sore.

Sekolah Terendam Banjir, Kepala Disdikbud Demak Koordinasi dengan BPBD

Hal itu mengakibatkan 150 hektar sawah yang memasuki masa tanam dan belasan hektar yang siap panen terendam banjir.

"Kami melakukan perbaikan darurat dengan menutup tanggul sepanjang lima meter dengan pohon dan bambu agar banjir tidak semakin parah," ujarnya.

Kepala BPBD Demak, Agus Nugroho mengatakan jumlah KK yang terdampak di Desa Blerong sebanyak 7 KK dengan ketinggian air di rumah 10-40 sentimeter.

Jumlah KK yang terdampak di Desa Pilangsari sebanyak 70 KK dengan ketinggian air di rumah mulai 5 hingga 40 sentimeter.

"Tim BPBD Demak telah melakukan penanganan dengan pengecekan ke lokasi untuk membantu penanganan darurat tanggul jebol dan assesment," ucapnya.

Dia menjelaskan, hingga saat ini kejadian banjir yang diakibatkan tanggul jebol berada di dua lokasi yaitu Dukuh Lengkong Desa Sayung dan Desa Blerong Kecamatan Guntur. (agi)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved