Sekda Minta Pemerintah Desa di Kabupaten Tegal Sukseskan Program Pemerintah Pusat

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono mengungkapkan, desa merupakan kunci bagi kemajuan pembangunan nasional.

Sekda Minta Pemerintah Desa di Kabupaten Tegal Sukseskan Program Pemerintah Pusat
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Sekda Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono memberikan arahan kepada para ASN Pemkab Tegal, Kamis (11/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono mengungkapkan, desa merupakan kunci bagi kemajuan pembangunan nasional.

Joko menginginkan agar desa harus mampu ikut serta menyelesaikan masalah yang juga dihadapi oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Seperti, kata dia, kemiskinan, pendidikan, kesehatan, ketimpangan sosial, maupun pemenuhan pangan.

“Perangkat desa tidak boleh diskriminasi, harus berlaku jujur dalam membuat data yang valid tentang kemiskinan maupun yang lainnya. Jangan melihat hubungan saudara, suka atau tidak suka. Semuanya harus valid,” tutur Joko, saat memberikan materi Kebijakan Pembangunan Desa di acara Pelatihan Teknis Ketahanan Desa Dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Bagi PNS di Lingkungan Pemkab Tegal, di Gedung PPNI Kabupaten Tegal, Kamis (11/4/2019) pagi tadi.

Joko mengatakan, pemerintah desa harus menjalin hubungan baik dengan pemerintah daerah.

Dengan sinergitas, menurut Joko, dana desa yang diberikan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) dapat dikawal dan diawasi bersama.

"Karena Pemdes bisa saja tidak menggunakan dana desa dengan arah kebijakan pembangunan daerah maupun nasional, contohnya dalam hal penanggulangan kemiskinan," sambungnya. (TRIBUN JATENG/GUM)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved