Jelang Hari Tenang Pemilu 2019, Bawaslu Kabupaten Pekalongan Gelar Apel Siaga Pasukan

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2019

Jelang Hari Tenang Pemilu 2019, Bawaslu Kabupaten Pekalongan Gelar Apel Siaga Pasukan
TRIBUN JATENG/INDRA DWI PURNOMO
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2019 di lapangan belakang Setda Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Jum'at (12/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Sebagai pemantapan kesiapan pengawas pemilu menjelang hari tenang dan pemilihan umum tahun 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2019 di lapangan belakang Setda Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Jum'at (12/4/2019).

Selain itu apel ini juga disiapkan untuk apel Patroli Pengawasan Anti Politik Uang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan Ahmad Zulfahmi mengatakan apel siaga tersebut dalam rangka mengecek kesiapan jajaran Bawaslu dalam pengawasan hari tenang, yang mana hari tenang dimulai pada tanggal 14-16 April 2019.

Pasalnya hari tenang merupakan hari yang benar-benar bersih, tidak ada kampanye dan money politic.

"Hari tenang ini adalah titik krusial, karena pada hari tenang biasanya malah terjadi proses-proses yang begitu merusak demokratis, baik money politic maupun kampanye di hari tenang," ucap Zulfahmi kepada Tribunjateng.com.

Apel siaga ini diikuti kurang lebih 567 petugas, yakni dari panwas kecamatan sampai panwas TPS.

Zulfahmi mengungkapkan pihaknya mendapatkan intruksi dari Bawaslu RI untuk melakukan patroli pengawasan di hari tenang.

"Nantinya akan ada tiga shift dalam patroli pengawasan. Shift pagi mulai pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB sore. Lanjut lagi dari shift sore 16.00 WIB - 00.00 WIB. Terakhir malam hari, yaitu shift pukul 00.00 WIB - 08.00 WIB,"ujarnya.

Bawaslu juga bekerjasama dengan Satpol PP dan Polisi, dalam mencegah praktek politik uang yang sangat berpotensi dilakukan oleh pihak berkepentingan menjelang masa pencoblosan.

Tidak hanya itu upaya mencegah kampanye pada saat hari tenang juga akan dilakukan, termasuk penertiban alat peraga kampanye (APK).

"Dalam mengawasi tahapan pemilu 2019, sebanyak 2.879 pengawas tingkat TPS telah kami siagakan. Kemudian sebanyak 285 pengawas desa, dan 57 pengawas di tingkat kecamatan,"imbuhnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved