Bupati Sragen: Pemkab Sragen Alokasikan Dana Rp 1,8 Miliar untuk Masjid

Pemkab Sragen adakan silaturahmi dengan takmir masjid Kecamatan Kedawung, Ngrampal, Karangmalang di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Sa

Bupati Sragen: Pemkab Sragen Alokasikan Dana Rp 1,8 Miliar untuk Masjid
Istimewa
Bupati Sragen bersilaturahmi dengan takmir masjid di enam kecamatan  

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen adakan silaturahmi dengan takmir masjid Kecamatan Kedawung, Ngrampal, Karangmalang di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Sabtu (13/4/2019).

Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Sragen Erfandi dalam kesempatannya mengatakan memelihara kerukunan antara pemerintah dengan tokoh agama adalah hal penting.

"Takmir masjid adalah salah satu yang mengelola seluruh jamaah di masjid tersebut juga merupakan pusat dari komunikasi umat dimana jamaah yang beranekaragam," ujar Erfandi.

Dirinya juga menyampaikan tiga mantra Kementerian Agama, moderasi beragama, kerukunan umat beragama, dan menjaga ukhuwah Islamiah.

Erfandi mengingatkan integrasi data-data masjid menjadi satu sumber informasi yang harus segera terdaftar.

"Segera daftarkan masjidnya ke KUA wilayah masing-masing agar dimaksukkan ke aplikasi Simas Sistem Aplikasi masjid se-Indonesia agar jika ada bantuan-bantuan atau undangan untuk takmir masjid agar lebih mudah menginformasikan," jelas Erfandi.

Sementara itu Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan peran takmir masjid salah satunya orang yang mendinginkan suasana apalagi menjelang Pemilu.

Yuni menyampaikan untuk dana masjid setiap tahun pemerintah menganggarkan satu miliar dari dana APBD.

"Jika ingin mendapatkan dana tersebut harus membuat proposal dan diajukan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen," jelas Yuni.

Sementara itu, dana untuk guru-guru mengaji dalam satu tahun Kabupaten Sragen menganggarkan Rp 1,8 miliar yang berikan satu tahun sekali dimana tahun lalu diberikan pada akhir tahun di Desember.

Dia menyampaikan pada 2019 akan diubah dan diberikan menjelang hari raya Idul Fitri agar lebih bermanfaat.

"Dana untuk ponpes dan madrasah dari provinsi akan diberikan pada Selasa 16 April yang akan diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Gus Yasin," lanjut Yuni.

Yuni berpesan kepada takmir masjid untuk melarang jika ada dari peserta pemilu yang akan menggunakan masjid sebagai tempat untuk berkampanye.

Selain itu Yuni juga bersilaturahmi dengan takmir masjid Kecamatan Sambirejo, Gondang, dan Kecamatan Sambungmacan di Kecamatan Gondang.(uti)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved