Dinkes Jateng Tekankan ABCD untuk Para Remaja

ABCD yakni Abstinene (puasa seks), Be Faithful (setia), Condom (penggunaan kondom bagi pasangan suami istri yang terdiagnosis positif HIV), dan Drugs

Dinkes Jateng Tekankan ABCD untuk Para Remaja
Tribunjateng.com/idayatul rohmah
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah dr Yulianto Prabowo M.Kes usai Pertemuan Penerapan Aspak pada Penyusunan Kebutuhan SPA Fasyankes di Hotel Grasia Semarang, Senin (08/04/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menyongsong 3 Zero di tahun 2030, yakni menurunnya kasus baru, angka kematian, dan diskriminasi serendah mungkin, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menekankan ABCD bagi para remaja.

ABCD yakni Abstinene (puasa seks), Be Faithful (setia), Condom (penggunaan kondom bagi pasangan suami istri yang terdiagnosis positif HIV), dan Drugs (jauhi narkoba).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr. Yulianto Prabowo M.Kes menuturkan, keempat hal itu perlu diterapkan untuk mencegah penularan HIV/Aids terutama di Jawa Tengah.

Hal itu lantaran menurutnya, masyarakat banyak yang tidak mengetahui statusnya terhadap virus membahayakan tersebut sehingga sosialisasi perlu digencarkan.

Ia lantas menargetkan beberapa kategori yang perlu dilakukan pemeriksaan.

Di antaranya, Wanita Pekerja Seks (WPS) dan pelanggannya, Lelaki Seks dengan Lelaki (LSL), Waria, pengguna suntikan narkoba, dan ibu rumah tangga yang memiliki suami dengan faktor resiko.

"Ini bukan hal mudah karena menyangkut perilaku masyarakat. Penggunaan jarum suntik, hubungan seksual yang tidak aman, itu kita harus temukan. Meskipun banyak yang kita temukan, tapi masih banyak juga yang terkena HIV/Aids karena banyak yang tidak tahu kalau dirinya positif," jelasnya. (idy)

Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved