Condro Kerahkan Tim Cyber Crime Pantau Potensi Intimidasi di Masa Tenang

Tim tersebut akan memantau pergerakan di dunia maya yang mempengaruhi masyarakat agar tidak datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

Condro Kerahkan Tim Cyber Crime Pantau Potensi Intimidasi di Masa Tenang
TRIBUN JATENG/ DANIEL ARI PURNOMO
Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono menanggapi pertanyaan wartawan di Mall Paragon Solo, Rabu (3/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono kerahkan tim cyber crime memantau intimidasi di media sosial jelang Pemilu 17 April 2019.

Tim tersebut akan memantau pergerakan di dunia maya yang mempengaruhi masyarakat agar tidak datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

"Petugas cyber crime kita upayakan untuk memantau serangan intimidasi di medsos pada masa tenang serta mengoptimalkan pengamanan ancaman intimidasi langsung dengan cara mempengaruhi masyarakat untuk tidak datang ke TPS," sebut Condro, Minggu (14/4/2019).

Masa tenang Pemilu 2019 akan berlangsung selama tiga hari, mulai hari ini hingga Selasa (16/4/2019).

Dalam masa tenang, peserta Pemilu dilarang melakukan kampanye dalam bentuk apapun.

Termasuk alat peraga yang selama ini memenuhi tepi jalanan juga harus diturunkan.

Condro juga menjamin keamanan di wilayah Jateng saat masa tenang.

Daerah yang memiliki potensi terjadi gangguan keamanan jelang pemungutan suara juga telah pihaknya petakan.

"Sejumlah potensi kerawanan dalam Pemilu sudah kami mapping. Hanya saja, beberapa daerah butuh pengawasan dan pengamanan ekstra, seperti di Solo, Magelang, Purworejo, dan Temanggung," sebutnya.

Menurutnya, sebagai provinsi penyumbang pemilik terbanyak kedua setelah Jabar, Jateng memiliki potensi kerawanan gesekan pendukung calon mauoun Parpol.

Melihatnya potensi yang ada, pihaknya akan mengerahkan pasukan untuk mengamankan pemilu mulai distribusi logistik hingga penghitungan suara.

"Kami sudah koordinasikan dengan semua pihak untuk mengantisipasi semuanya dan memastikan pemilu 2019 di Jateng berlangsung aman. Dari Polda Jateng, kami sudah siapkan 21.980 personil untuk mengamankan tahapan pemilu 2019," katanya. (Jamal Abdul Nashr)

Penulis: Jamal A. Nashr
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved