Krekros, Tas Rajutan Limbah Plastik Bernilai Jual Tinggi

Siapapun yang mendengar soal plastik, pasti akan mengembangkan pikirannya terkait sampah maupun limbah.

Krekros, Tas Rajutan Limbah Plastik Bernilai Jual Tinggi
TRIBUN JATENG/AMANDA RIZQYANA
Deasy Esterina dalam koleksi Kreskros bertema BLK Collection di Workshop Kreskros, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 43, Tanjungsari, Kupang, Ambarawa, Kabupaten Semarang pada Minggu (14/4/2019) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Amanda Rizqyana

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Siapapun yang mendengar soal plastik, pasti akan mengembangkan pikirannya terkait sampah maupun limbah.

Satu dekade terakhir, warga dunia tengah dilanda kebimbangan atas plastik.

Keberadaan benda yang agaknya menjadi hal biasa dan menjadi keseharian warga Indonesia, mendadak menjadi momok.

Hal tersebut karena sampah plastik yang dinilai tidak dapat terurai di tanah dapat merusak lingkungan. Meski demikian, sampah plastik dinilai akan terus bertumpuk harinya.

Menanggapi kegelisahan itu, Deasy Esterina, gadis asal Ambarawa, Kabupaten Semarang ini pun memadukan kreativitas dan kepedulian terhadap alam dalam sebuah jenama produk tas yang memiliki nilai jual.

Kreskros, demikian nama yang memadukan antara kresek (kantong plastik, red) dengan kros atau merajut. Jadi, Kreskros merupakan aktivitas merajut plastik kresek.

"Usaha ini awalnya ada sekitar Oktober 2014, namun setelah melakukan serangkaian riset dan percobaan, mulai saya tekuni pada Oktober 2016," ujarnya saat ditemui Tribun Jateng, Minggu (14/4/2019) siang.

Ia pun menceritakan kenapa ia memilih tas sebagai proyeknya tersebut padahal ia tidak memiliki kesukaan atau ketertarikan pada tas.

Deasy, demikian wanita berkulit putih ini biasa disapa mengaku ayahnya merupakan pengusaha sovenir tas. Memiliki minat pada pengolahan limbah plastik dan didukung dengan ilmu dasar tentang tas membuatnya memilih pengembangan usaha tas sebagai bisnisnya.

Halaman
123
Penulis: amanda rizqyana
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved