Bupati Pati Ungkap Lima Hal Darurat yang Perlu Diantisipasi Menjelang Pemilu 2019

Sebagai kepala daerah, Bupati memiliki beban tanggungjawab moral dalam keberhasilan penyelenggaraan Pemilu.

Bupati Pati Ungkap Lima Hal Darurat yang Perlu Diantisipasi Menjelang Pemilu 2019
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Bupati Pati Haryanto memberi arahan dalam Rapat Koordinasi Jelang Pemungutan Suara Pemilu 2019 di Ruang Rapat Pragola Setda Kabupaten Pati, Senin (15/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Sebagai kepala daerah, Bupati memiliki beban tanggungjawab moral dalam keberhasilan penyelenggaraan Pemilu.

Karena itu, Bupati beserta seluruh jajaran pemerintah daerah juga perlu melakukan upaya untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu, sekecil apa pun itu.

Hal tersebut diutarakan Bupati Pati Haryanto dalam Rapat Koordinasi Jelang Pemungutan Suara Pemilu 2019 di Ruang Rapat Pragola Setda Kabupaten Pati, Senin (15/4/2019).

Terkait tanggung jawab moral tersebut, dalam forum rapat yang antara lain diikuti Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Sekda Pati Suharyono, Forkopimda, Ketua KPU Pati Imbang Setiawan, serta para Camat tersebut, Haryanto menyampaikan lima hal darurat alias emergency yang perlu diantisipasi.

"Emergency yang pertama terkait bencana alam dan hal-hal yang berada di luar batas kemampuan kita. Hal ini juga perlu dipikirkan," ujarnya.

Menurut Haryanto, para Camat perlu berkoordinasi dengan Muspika dan instansi terkait untuk memetakan daerah-daerah yang rawan (bencana).

"Kita tidak tahu kapan bencana datang, seperti kemarin di Gunungwungkal ada longsor.
Atau tiba-tiba ada gempa seperti di Palu. Kita, kan, tidak tahu," ungkapnya.

Memberi contoh lain, Haryanto mengatakan, perlu dilakukan upaya antisipasi juga untuk mengatasi jika pada proses pemungutan maupun rekapitulasi suara tiba-tiba terjadi hujan deras dan angin kencang.

"Bahkan bisa sampai mengakibatkan pohon tumbang, kemudian mengenai kabel listrik, sehingga mengakibatkan jaringan listrik PLN terganggu. Kemungkinan ini perlu diantisipasi," katanya.

Emergency yang kedua, lanjut Haryanto terkait antisipasi jika listrik padam.

Halaman
123
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved