Bupati Tegal Lantik Pengurus Badan Amil Zakat Nasional: Harus Berantas Kemiskinan

Bupati Tegal, Umi Azizah melantik pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan berharap dapat mengentaskan kemiskinan.

Bupati Tegal Lantik Pengurus Badan Amil Zakat Nasional: Harus Berantas Kemiskinan
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Bupati Tegal Umi Azizah menyematkan pin kepemimpinan Baznas Kabupaten Tegal di ruang bupati, Senin (15/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Bupati Tegal, Umi Azizah menyadari dengan adanya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Pemkab Tegal dapat bergerak dengan lincah dan melakukan respon cepat dalam menanggulangi kemiskinan.

Hal ini dibuktikan dalam waktu setahun terakhir, angka kemiskinan di Kabupaten Tegal turun dua digit, dan masuk 10 besar terendah di Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Umi, saat melantik Pimpinan dan pengurus Baznas Kabupaten Tegal periode 2019-2024 di Ruang Rapat Bupati, Senin (15/4/2019) pagi.

Menurut Umi, Baznas yang memiliki tugas dan fungsi dalam menghimpun dan menyalurkan zakat, infak serta sedekah ini harus memiliki kepercayaan dan kemudahan.

Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal Bagikan 1.500 Kacamata Gratis Pada Siswa SD

Untuk itu, Umi menitip pesan kepada pimpinan Baznas yang baru, supaya dapat menempatkan unsur tersebut dalam visi pelayanannya agar menjadi lembaga terdepan dalam membantu Pemkab Tegal mengentaskan kemiskinan.

“Bawa kepercayaan atau trust menjadi pondasi utama Baznas dalam mengelola dana publik. Sampaikan kepada publik bagaimana pendistribusian, pastikan semuanya sudah sesuai dengan syariat zakat yang berlaku,” pesan Umi kepada Tribunjateng.com, usai acara.

Dalam mengalokasikan dana bantuan, Umi juga bekerjasama dengan Bagian Kesra Setda Pemkab Tegal serta Dinas Sosial melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

"Tim itu untuk melakukan pendataan terhadap warga penerima bantuan supaya tidak salah sasaran dan tidak disalahgunakan," sambungnya.

Tak lupa, Umi menitip pesan kepada pimpinan Baznas yang baru saja dilantik untuk terus berinovasi dan memperluas jaringan.

Seperti, ujar dia, mengkampanyekan penggalangan dana melalui media online, terutama untuk kasus-kasus tertentu yang membutuhkan pertolongan segera, lengkap dengan data dan informasi para muztahid.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved