Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Siagakan Posko Pengobatan Gratis Untuk Korban Banjir

Dinas Kesehatan Demak dan Puskesmas mendirikan pengobatan gratis di Dukuh Lengkong, Desa Sayung Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, Senin (15/4/2019).

Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Siagakan Posko Pengobatan Gratis Untuk Korban Banjir
Tribunjateng/Alaqsha Gilang Imantara
Warga tampak antusias mengikuti pengobatan gratis di posko pengobatan yang disiagakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Demak dan Puskesmas di Dukuh Lengkong, Desa Sayung, Senin (15/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Dinas Kesehatan Demak dan Puskesmas mendirikan pengobatan gratis di Dukuh Lengkong, Desa Sayung Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, Senin (15/4/2019).

Pengobatan gratis ini disiagakan bagi warga yang terdampak banjir di Kecamatan Sayung.

Adanya pengobatan gratis ini disambut antusias dan dimanfaatkan para warga.

Mustakim, warga Dukuh Lengkong mengaku senang dengan adanya posko yang terletak di dukuhnya. Dia memiliki penyakit gatal-gatal akibat banjir.

"Alhamdulillah, senang sekali saya dapat bisa mendapatkan bantuan pengobatan gratis. Saya terkena penyakit gatal-gatal gara-gara banjir, sekarang gatal-gatalnya sedikit berkurang setelah diobati," ucapnya, Senin (15/4/2019).

Rawan Banjir Rob, KPU Kota Pekalongan Instruksikan Bangun Panggung di Pekalongan Utara

Kepala Desa Sayung, Munawir mengatakan keberadaan banjir di Desa Sayung sudah memasuki hari keenam, masyarakat sudah mulai gatal-gatal, pusing dan tensinya naik.

"Besar harapan kami harus ada pengobatan gratis entah itu dari pemerintah ataupun bantuan dari relawan," ucapnya di Balai Desa Sayung.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Sumber Daya Kesehatan (Kabid Yankes SDK) Dinas Kesehatan Demak Dr Ribekan mengatakan pihaknya setiap hari membuka posko pengobatan umum untuk membantu korban banjir yang terkena penyakit di desa yang terdampak banjir.

"Kami standby membuka posko pengobatan umum dengan dibantu dokter, perawat, bidan umum dari dinas kesehatan dan puskemas," ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon.

Dijelaskan, petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Demak dan Puskesmas mensiagakan posko pengobatan gratis untuk enam posko di lima desa yang terdampak banjir.

"Keenam posko tersebut yaitu posko Sayung dan posko Lengkong di Desa Sayung, posko Pendilan di Desa Kalisari, posko di Desa Pilangsari, posko di Desa Prampelan, dan posko di Desa Karangasem," terangnya.

Selain itu, Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan mensurvei epidemiologi akibat banjir mulai dari kesehatan, lingkungan, air bersih, dan MCK. (agi)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved