Hindari TPS Rawan Bencana Alam saat Pemilu 2019, Ini Yang Dilakukan KPU Jawa Tengah

KPU Jawa Tengah menggelar rapat koordinasi kesiapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019, di Hotel Patra Semarang.

Hindari TPS Rawan Bencana Alam saat Pemilu 2019, Ini Yang Dilakukan KPU Jawa Tengah
KBRI Copenhagen)
Suasana pemilu di Tempat Pemilihan Suara (TPS) di KBRI Kopenhagen, Denmark, pada Sabtu (13/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - KPU Jawa Tengah menggelar rapat koordinasi kesiapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019, di Hotel Patra Semarang, Senin (15/4/2019) pagi.

Dalam rapat ini dihadiri berbagai instansi terkait. Seperti Bawaslu, Disnakertrans, PLN, Telkom, BMKG, BPBD, Polri, dan TNI.

Menurut Ketua KPU Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat, rapat ini bertujuan untuk mendukung kelancaran pemungutan suara hingga rekapitulasi di PPK, KPU Kota/Kabupaten, dan KPU Jawa Tengah.

"Kami berkoordinasi dengan PLN supaya tidak ada pemadaman saat pencoblosan hingga rekapitulasi. Telkom juga kami harapkan koneksi internet tidak down, supaya petugas bisa mengupload rekapitulasi hasil penghitungan di tiap TPS," tuturnya.

KPU Jawa Tengah: Silakan Mau Memutihkan TPS, Kami Sangat Mengharap Banyak Saksi

Drajat berharap TNI dan Polri juga bisa menjaga keamanan dan kondusifitas keamanan saat berlangsungnya pencoblosan hingga rekapitulasi.

BPDB Jawa Tengah diajak untuk membuat pemetaan daerah rawan bencana. Bila masuk di dalam zona tersebut, Drajat ingin TPS segera dipindahkan di lokasi yang lebih aman.

"Apalagi ini masih munsim hujan, bencana yang rawan yakni longsor dan banjir. Sehingga pemetaan daerah rawan bencana sangat penting, supaya pencoblosan berjalan dengan lancar," ucapnya.

Ia juga memerintahkan kepada KPU Kota/Kabupaten supaya sering berkoordinasi dengan instansi-instansi tersebut.

Drajat dan masyarakat lain tak ingin ada gangguan apapun saat berlangsungnya pencoblosan.

"Khusus di bagian keamanan itu ranahnya Polri dan TNI yang tahu mana saja TPS-TPS yang rawan gangguan. KPU hanya melaksanakan undang-undang sebagai penyelenggara Pemilu," tegasnya.

KPU Demak Distribusikan Logistik Pemilu, Sudah Sampai di Gudang PPK

Drajat memastikan penyelenggara Pemilu dalam hal ini petugas KPPS dan PPK siap menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. KPU juga sudah memberikan Bimtek.

"Kami sudah selenggarakan Bimtek supaya petugas KPPS dan PPK siap melayani pemilih saat pencoblosan," imbuhnya. (afn)

Penulis: faisal affan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved