KPU Jawa Tengah: Silakan Mau Memutihkan TPS, Kami Sangat Mengharap Banyak Saksi

Menjelang hari pemungutan suara pada 17 April 2019, KPU Jawa Tengah sedang sibuk mempersiapkan beberapa hal.

KPU Jawa Tengah: Silakan Mau Memutihkan TPS, Kami Sangat Mengharap Banyak Saksi
TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN
Komisioner KPU Jawa Tengah Divisi SDM dan Litbang, M. Taufiqurrahman 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menjelang hari pemungutan suara pada 17 April 2019, KPU Jawa Tengah sedang sibuk mempersiapkan beberapa hal.

Menurut Komisioner KPU Jawa Tengah Divisi SDM dan Litbang, M. Taufiqurrahman, hal pertama adalah pemilih. DPT di setiap TPS harus sudah dipastikan datanya oleh KPU.

"Jangan sampai ada data yang salah. Apalagi kasus WNA yang terdaftar DPT kami dipastikan tidak ada. Karena akan menyalahi aturan," terang Taufiq.

Hal kedua yang harus dipersiapkan dan dikejar oleh KPU Jawa Tengah yakni logistik. Surat suara merupakan bagian penting dari logistik.

Belum lama ini KPU Jateng terus mengejar kekurangan kebutuhan surat suara yang masih kurang di beberapa daerah di Jawa Tengah.

"Sampai saat ini logistik sudah dikirim ke PPK, tapi sebagian belum. Maksimal H-1 logistik harus sudah sampai di TPS. Kami tetap mengutamakan distribusi logistik yang jaraknya cukup jauh. Seperti Cilacap dan Karimunjawa.Tetapi semuanya sudah tercukupi," jelasnya.

Hambatan yang sempat terjadi saat pendistribusian logistik dikarenakan ada beberapa surat suara yang tidak lolos sortir. Sehingga harus segera dilaporkan dan dikirim ulang dengan yang baru.

"Jadi tidak bisa sekali cetak langsung beres. Masih ada tahapan-tahapan yang dilakukan usai surat suara keluar dari percetakan. Termasuk pelipatan," imbuhnya.

Total TPS yang ada di Jawa Tengah yakni 115.401. Persiapan penyelenggara juga terus dilakukan. Terakhir pada tanggal 10 April 2019, KPU Jawa Tengah sudah merekrut pengawas TPS.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved