Mantap! Kabupaten Tegal Jadi Pilot Project Penumbuhan Minat Wirausaha Muda

Kabupaten Tegal dipilih oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI untuk program penumbuhan minat kewirausahaan muda.

Mantap! Kabupaten Tegal Jadi Pilot Project Penumbuhan Minat Wirausaha Muda
TRIBUN JATENG/GUM
Asdep Kewirausahaan Kemenpora RI, Imam Gunawan (tengah) didampingi Ketua Tim Wirausaha Muda Kabupaten Tegal, Setya Teguh Yuwana (kiri) saat konferensi pers, Senin (15/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Kabupaten Tegal dipilih sebagai daerah pertama oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI untuk program penumbuhan minat kewirausahaan di kalangan pemuda.

Pasalnya, Kabupaten Tegal merupakan daerah yang dinilai lebih siap dari segala aspek untuk pengembangan semangat wirausaha muda.

Asdep Kewirausahaan Kemenpora RI, Imam Gunawan menuturkan, hanya tujuh Kabupaten/Kota yang dipilih pihaknya sebagai Pilot Project program nasional untuk pengembangan dan permodalan bagi wirausaha muda.

Dari tujuh daerah tersebut, dua di antaranya berasal dari Provinsi Jawa Tengah yakni Kabupaten Tegal dan Magelang.

"Dan yang pertama akan kita jadikan percobaan terlebih dahulu adalah Kabupaten Tegal. Mereka dinilai lebih siap dari daerah lainnya," kata Imam kepada Tribunjateng.com, usai sosialisasi Penumbuhan minat kewirausahaan di kalangan pemuda Kemenpora RI, di Hotel Grand Dian Guci, Kabupaten Tegal, Senin (15/4/2019).

Menurut Imam, Kabupaten Tegal dinilai sangat siap dalam program ini karena mulai dari Kebijakan Pemerintah Daerah hingga anggarannya sudah disediakan

Alhasil, pihaknya hanya tinggal melakukan kolaborasi dengan Pemkab Tegal baik dari segi permodalan hingga pendampingan.

"Kaloborasi dengan Tim Wirausaha Pemuda (WP) Kabupaten Tegal. Permodalan mulai dari Rp 15 juta sampai Rp 25 juta. Jika ide wirausahanya memenuhi, kami akan beri modal dan pendampingan minimal selama 2 tahun. Lalu maksimal hingga 3.5 tahun," papar dia.

Imam juga menjelaskan bahwa program permodalan ini bersifat hibah dari Kemenpora.

Secara nasional, Kemenpora RI tengah mencari 1.000 ide atau gagasan wirausaha terbaik dari segala macam sektor yang ada.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved