MK Perpanjang Penghitungan Suara Hingga 12 Jam, Bawaslu Salatiga Sebut Rawan Terjadi Kecurangan

Mahkamah Konsititusi (MK) memperpanjang waktu penghitungan suara pemilu 2019 di tempat pemungutan suara (TPS) maksimal 12 jam

MK Perpanjang Penghitungan Suara Hingga 12 Jam, Bawaslu Salatiga Sebut Rawan Terjadi Kecurangan
Tribun Batam
Ilustrasi Pemilu 2019 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Mahkamah Konsititusi (MK) memperpanjang waktu penghitungan suara pemilu 2019 di tempat pemungutan suara (TPS) maksimal 12 jam sejak berakhirnya hari pemungutan suara atau hingga Kamis (18/4/2019) pukul 12.00 WIB. 

Sebelumnya, ditentukan bahwa penghitungan harus tuntas pada pukul 24.00 waktu setempat di hari pemungutan suara atau Rabu (17/4/2019).

Menyikapi putusan MK tersebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga telah melakukan serangkaian persiapan di antaranya dengan meminta warga yang sudah memiliki hak pilih saat pemilu 17 April 2019 mendatang apabila hendak melakukan pencoblosan ke TPS supaya membawa serta identitas KTP.

Ketua KPU Kota Salatiga Syaemuri Albab mengatakan meski mayoritas warga telah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan otomatis menerima undangan mencoblos atau formulir C6 hanya saja untuk memastikan tidak salah orang diharap menunjukkan KTP kepada petugas TPS.

“Ini penting mengingat pemilu besok itu surat suara yang akan dicoblos banyak. Fokus petugas juga terbagi, agar tidak muncul masalah sedari masuk TPS semuanya telah dipastikan aman tanpa ada kecurangan,” terangnya kepada Tribunjateng.com, saat dihubungi Senin (15/4/2019)

Menurut Syaemuri, adanya pemilih tambahan yang mendaftar ke KPU Salatiga dan warga pindah pilih guna memudahkan identifikasi paling mudah menggunakan identitas KTP elektronik.

Dikatakannya, sedang bagi warga yang saat 17 April nanti baru berusia 17 tahun atau pertama kalinya menggunakan hak pilih tetapi belum memiliki KTP dibolehkan menyertakan surat keterangan resmi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Salatiga.

“Secara teknis seluruh TPS dibuka mulai pukul 07.00 WIB dan akan kami layani warga yang hendak mencoblos sampai pukul 13.00 WIB atau lebih. Dengan catatan, warga telah sampai di TPS sebelum pukul 13.00 WIB,” katanya

Ia menambahkan, sedang proses penghitungan suara akan dilakukan KPU Salatiga maksimal sampai Kamis (18/4/2019) pukul 12.00 WIB siang sesuai aturan terbaru Mahkamah Konstitusi (MK).

Halaman
123
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved