Pimpin Apel Pergeseran Pasukan, Kapolres Pati: Kami Akan Terjunkan 2/3 Kekuatan untuk Amankan Pemilu

Sebagai persiapan akhir menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, Kepolisian Resor Pati mengadakan Apel Pergeseran Pasukan di Alun - alun Pati

Pimpin Apel Pergeseran Pasukan, Kapolres Pati: Kami Akan Terjunkan 2/3 Kekuatan untuk Amankan Pemilu
Tribunjateng.com/Mazka Hauzan Naufal
Kepolisian Resor Pati mengadakan Apel Pergeseran Pasukan di Alun - alun Pati, Senin (15/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Sebagai persiapan akhir menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, Kepolisian Resor Pati mengadakan Apel Pergeseran Pasukan di Alun - alun Pati, Senin (15/4/2019).

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto yang memimpin apel menyampaikan, apel tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan personel beserta sarana-prasarananya sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan pada tahap pemungutan dan penghitungan suara.

"Sehingga Pemilu 2019 terselenggara secara aman, damai, dan kondusif," ujarnya.

AKPB Jon menambahkan, Polri sebagai aparat penegak hukum bersama unsur TNI dan instansi terkait yang bertugas memelihara kamtibmas (kemananan dan ketertiban masyarakat) diberi kepercayaan guna mengawal proses demokrasi agar berjalan damai, aman, jujur, dan adil.

"Pada waktu pemungutan dan penghitungan suara, kami akan menerjunkan 2/3 kekuatan yang akan disebar ke seluruh TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang ada di Kabupaten Pati. Kami juga didukung oleh rekan-rekan TNI, Linmas, dan Satpol PP," ucapnya.

AKBP Jon menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan personel di tiap zona rawan. Hal ini demi mengantisipasi bila timbul permasalahan di zona tersebut.

"Terkait zona-zona rawan, tentunya kami sudah me-mapping TPS-TPS. Tentu kita tetap berharap bahwa proses penghitungan dan pemungutan suara di 4.369 TPS berjalan aman. Namun, kami tetap melakukan strategi dan pola pengamanan khusus bagi zona yang rawan," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto yang turut mengikuti apel menyampaikan, pihaknya sangat mendukung strategi pengamanan yang disampaikan Kapolres. Haryanto juga mengaku bahwa demi terselenggaranya pesta demokrasi, Pemkab Pati telah banyak membantu dalam hal sarana-prasarana.

"Terkait kesiapan dan pengamanan, kami mengimbau para kades dan camat agar dapat memantau langsung proses pemungutan maupun penghitungan suara supaya berjalan lancar tanpa persoalan," tandasnya.

Apel hari itu antara lain diikuti oleh Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Sekda Pati Suharyono, Forkopimda, Anggota Polres Pati, Satpol PP, Ketua KPU Pati Imbang Setiawan, Ketua Bawaslu Pati Ahmadi, Komandan Kompi C 410 Alugoro Pati, Danramil se-Kabupaten Pati, dan perwakilan partai politik. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved