Sejumlah 10.874 Satlinmas Kabupaten Banyumas Siap Dikerahkan untuk Jaga TPS

Bupati Banyumas Achmad Husein menyerahkan sebanyak 10.874 petugas Satlinmas kepada Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara

Sejumlah 10.874 Satlinmas Kabupaten Banyumas Siap Dikerahkan untuk Jaga TPS
TRIBUNJATENG/Permata Putra Sejati 
Prosesi penyerahan 10.874 petugas Satlinmas dari Bupati Banyumas kepada Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara, pada Senin (15/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Bupati Banyumas Achmad Husein menyerahkan sebanyak 10.874 petugas Satlinmas kepada Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara, pada Senin (15/4/2019).

Prosesi penyerahan pasukan tersebut dalam rangka pengamanan TPS menjelang hari H pencoblosan 17 April 2019.

Prosesi serah terima pasukan satlinmas tersebut dilaksanakan di lapangan sepak bola GOR Satria Purwokerto. Setelah penyerahan anggota satlinmas dari Bupati kepada Kapolres, acara dilanjutkan dengan apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan TPS pemilu 2019.

"Kita sudah memasuki masa tenang. Tetapi masa tenang ini justru yang mesti di waspadai, Polri saat ini sudah mulai berkordinasi bersama PPK Panwascam dan seluruh stake holder," ujar Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara kepada Tribunjateng.com, Senin (15/4/2019).

Seluruh personel keamanan, yaitu Satlinmas, Polri, dan TNI harus sudah memetakan kerawanan di masing-masing TPS. Ada sebanyak 5.437 TPS di Kabupaten Banyumas.

"Ada cukup banyak potensi kerawanan. Tetapi kita ada keterbatasan personil, sebab linmas ada sekira 10.000-an, sedangkan Polri hanya 1.000 personil yang kami siagakan," tambah Kapolres.

Apel pergeseran pasukan tersebut sebagai upaya mengecek kesiapan personil keamanan, sarana dan prasarana untuk masa pencoblosan.

Masyarakat perlu menyadari bahwa baik Polri, TNI, dan Linmas tidak dapat bekerja secara sendiri-sendiri. Perlu adanya sinergitas antara berbagai pihak untuk ikut mensukseskan pemilu 2019.

Baik itu Polri, TNI, dan Linmas mesti memastikan semua berjalan sebaik-baiknya. Khusunya pengamanan di masing-masing TPS di Kabupaten Banyumas. Sebab, di Kabupaten Banyumas sendiri ada sebanyak 5.437 TPS

Cukup banyak kerawanan terjadi oleh karena itu, setiap anggota baik TNI, Polri, dan Linmas perlu memahami betul tugas dan wewenang masing-masing. (Tribunjateng/jti)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved