2 Hari Jelang Coblosan, AS dan AH Bagi-bagikan Uang di Kudus, Ada yang Terima Rp 20 Ribu dan 25 Ribu

Pelaku money politic atau politik uang tertangkap tangan oleh Bawaslu di Kudus, Jawa Tengah, dipergoki sedang membagi-bagikan uang.

2 Hari Jelang Coblosan, AS dan AH Bagi-bagikan Uang di Kudus, Ada yang Terima Rp 20 Ribu dan 25 Ribu
TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI
Ketua Bawaslu Kudus, Moh Wahibul Minan (tengah), menunjukkan barang bukti berupa uang dari hasil tangkap tangan politik uang di Kantor Bawaslu Kudus, Selasa (16/4/2019). 

Pelaku money politic atau politik uang tertangkap tangan oleh Bawaslu di Kudus, Jawa Tengah

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus melakukan operasi tangkap tangan (OTT) praktik politik uang atau money politics.

Ketua Bawaslu Kudus, Moh Wahibul Minan, dalam jumpa pers di kantornya, Selasa (16/4/2019), menyatakan operasi senyap ini dilakukan pada Senin malam sekira pukul 21.30 WIB di Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus.

Ada dua tempat penangkapan, yaitu di RT 5 RW 4 dan RT 7 RW 1.

“Dari hasil OTT tersebut kami berhasil menangkap dua orang yang sudah melakukan dugaan tindak pidana Pemilu dalam kategori praktik politik uang. Masing-masing berinisial AS dan AH,” kata Minan.

Kedua pelaku memiliki peran yang sama, membagikan uang dari salah satu caleg DPRD Dapil 4 meliputi Kecamatan Mejobo, Bae, dan Undaan.

“OTT pertama AS usia 46 tahun alamat Dukuh Karangmalang Desa Temulus. Telah kami dapati beserta barang bukti berupa uang pecahan 100 ribu dan jumlah total uang Rp 4 juta," terangnya.

Pada AS, ditemukan pula barang bukti kartu nama bergambar salah satu caleg DPRD Kudus sebanyak 198 lembar.

Adapun OTT terhadap AH, lelaki 50 tahun di Desa Temulus RT 1 RW 3, menemukan barang bukti uang pecahan Rp 100 yang jumlahnya mencapai Rp 5 juta.

“Untuk AH, jumlah total uang sebesar Rp 5 juta. Ada juga barang bukti daftar nama-nama calon pemilih dan calon penerima uang,” terang Minan.

Halaman
123
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved