67 Tahanan Akan Ikuti Pemilu di Polrestabes Semarang

Mereka akan memberikan suaranya untuk Pemilu 2019 di TPS khusus di Halaman Tahanan Polrestabes Semarang

67 Tahanan Akan Ikuti Pemilu di Polrestabes Semarang
Antara
Ilustrasi warga mencelupkan jari tangannya ke dalam tinta usai mencoblos. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebanyak 67 tahanan akan mengikuti proses pemungutan suara di Tahanan Polrestabes Semarang, Rabu (17/4/2019) esok.

Mereka akan memberikan suaranya untuk Pemilu 2019 di TPS khusus di Halaman Tahanan Polrestabes Semarang.

Kasat Tahti Polrestabes Semarang Kompol Baihaqi menyebutkan, jumlah tahanan Polrestabes Semarang yang telah mengantongi formulis A5 tersebut telah ditetapkan KPU sejak 10 Maret lalu.

"Saat ini 67 tahanan sudah terverifikasi sebagai pemilih," katanya, Selasa (16/4/2019).

Meski demikian, jumlah tersebut dapat berkurang jika ada tahanan yang berpindah ke lembaga pemasyarakatan (LP) berdasarkan perkembangan kasus yang dijalani. Jika tahanan berpindah ke LP, maka ia akan ikut mencoblos di tempat yang baru.

"Walaupun 67 tahanan telah ditetapkan oleh KPU, seandainya dia dikirim ke LP Kedungpane atau LP Bulu formulis A5 kita ikutkan supaya dia nyoblos di lokasi yang baru," tuturnya.

Proses pemungutan suara di TPS khusus tahanan Polrestabes Semarang akan dimulai pukul 12.00. Para tahanan akan mengikuti proses pemungutan suara satu persatu sesuai urutan.

Ia mengatakan tidak ada pengaman khusu untuk proses pemungutan suara di Tahanan Polrestabes Semarang. "Sistemnya persis seperti Pemilu biasa. Petugas TPS akan datang ke halaman tahanan. Tahanan akan bergilir mencoblos. Mereka akan dipanggil baru keluar dari sel," katanya.

Pemilu kali ini tidak diikuti seluruh tahanan Polrestabes Semarang, pasalnya ada sejumlah tahanan yang tak memenuhi syarat untuk mendapat formulir A5. Di antara mereka ada yang tak mengantongi KTP.

"Ada yang KTP-nya hilang. Syarat utama itukan KTP. Sosialisasi telah kami lakukan, keluarga tahanan juga kami minta mengirik foto copy KTP kalau tidak KK. Setiap apel pagi juga kami sosialisasikan," ucapnya. (jam)

Penulis: Jamal A. Nashr
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved