Pemilu 2019

Banyak TPS di Kota Salatiga Diprediksi Proses Penghitungan Suara Lebihi Pukul 24.00 WIB

KPU Kota Salatiga memperkirakan terdapat sekira 91 TPS yang tersebar pada seluruh kecamatan di Kota Hati Beriman dalam proses penghitungan suara 17 A

Banyak TPS di Kota Salatiga Diprediksi Proses Penghitungan Suara Lebihi Pukul 24.00 WIB
TRIBUNJATENG/M NAFIUL HARIS
Ilustrasi / Sejumlah petugas KPPS TPS 6 melakukan persiapan pendirian TPS bernuansa pesta pernikahan di halaman SDN 01 Kelurahan Bugel, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga Selasa (16/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga memperkirakan terdapat banyak TPS yang tersebar pada seluruh kecamatan di Kota Hati Beriman dalam proses penghitungan suara 17 April 2019 nanti dibutuhkan tambahan waktu.

Ketua KPU Kota Salatiga Syaemuri Albab mengatakan TPS yang diperkirakan waktu penghitungan suara melewati pukul 24.00 terbanyak berada di Kecamatan Tingkir berjumlah 91 TPS.

Sedangkan Kecamatan Argomulyo kata dia, ada 71 TPS, kemudian Kecamatan Sidomukti 81, dan Kecamatan Sidorejo 75.

“Kami semua sudah melakukan persiapan yang cukup sesuai prosedur dan tahapan dari KPU RI. Termasuk memberikan pemahaman kepada petugas TPS.

Tapi guna menghindari hal tidak diinginkan sekali lagi saya minta semua petugas menggunakan waktu seefektif mungkin. Tidak lupa menjaga stamina selama proses pemungutan dan penghitungan suara,” terangnya kepada Tribunjateng.com, saat ditemui di Kantor KPU Kota Salatiga, Selasa (16/4/2019).

Terpisah Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Salatiga Agung Ari Mursito menyampaikan untuk mengantisipasi munculnya pelanggaran pemilu pada TPS sesuai perkiraan KPU bakal memakan waktu lebih dia meminta pengawas TPS aktif memberikan informasi.

“Semua himbauan antisipasi mulai patroli keliling, kemudian meminta pengawasan kecamatan turut mengawal. Dari semua itu yang terpenting ada informasi secara berkelanjutan dari pengawas TPS ke jajaran Bawaslu Salatiga,” katanya

Ia mengimbau seluruh jajaran pengawas mulai malam ini agar mempersiapkan diri, meningkatkan kapasitas dengan kembali mengingat beberapa aturan supaya cermat membedakan pelanggaran dan atau kelalaian karena kelelahan.

“Intinya koordinasi secara terus menerus kepada Bawaslu. Hanya itu yang dapat kami lakukan mengingat anggota kami juga sangat terbatas,” ujarnya

Halaman
12
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved