H-1 Pencoblosan, KPU Sragen Bakar Ribuan Surat Suara Rusak

Jelang pesta demokrasi yang akan diselenggarakan esok hari KPU Kabupaten Sragen musnahkan Ribuan surat suara di Halaman Kantor KPU Sragen

H-1 Pencoblosan, KPU Sragen Bakar Ribuan Surat Suara Rusak
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI MAULANI
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Forkompinda Kabupaten Sragen melakukan pengecekan surat suara rusak di Halaman Kantor KPU Sragen 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Jelang pesta demokrasi yang akan diselenggarakan esok hari KPU Kabupaten Sragen musnahkan Ribuan surat suara di Halaman Kantor KPU Sragen, Selasa (16/4/2019).

Surat suara yang dimusnahkan meliputi surat suara yang rusak, hasil sortir dari pelipatan surat suara, serta kelebihan surat suara dalam kondisi baik.

Kepala KPU Kabupaten Sragen Minarso mengatakan jumlah total surat suara yang di musnahkan sebanyak 57.825.

"Surat suara yang rusak presiden dan wakil presiden sebanyak 4.483 dan kelebihan surat suara sebanyak 7," ujar Minarso.

Surat suara rusak tersebut meliputi surat suara anggota DPR RI Dapil Jateng IV, surat suara anggota DPD RI, surat suara anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Dapil VI.

"Termasuk juga surat suara anggota DPRD Kabupaten Sragen Dapil I, surat suara DPRD Kabupaten Sragen Dapil II, surat suara Pemilu anggota DPRD Kabupaten Sragen Dapil III, surat suara Pemilu anggota DPRD Kabupaten Sragen dapil IV, surat suara Pemilu DPRD Kabupaten Sragen Dapil V, dan surat suara anggota DPRD Kabupaten Sragen dapil VI," jelas Minarso.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan melakukan pemantauan pemusnahan surat suara rusak yang berlebih-lebihan dengan Forkompinda Kabupaten Sragen.

"Selanjutnya nanti kami akan melaksanakan peninjauan kesiapan semua TPS di Kabupaten Sragen secara random untuk Pemilu esok hari," ujar Yuni kepada Tribunjateng.com.

Dirinya juga menyampaikan saat melakukan peninjauan masih banyak TPS yang belum siap.

"Seperti di Margosari belum siap, dikarenakan banyak petugas TPS yang kebanyakan ialah pegawai negeri, pegawai pengadilan, pegawai BPN jadi baru mulai akan disetting pukul 16.00," jelas Yuni.

Tinjauannya ini guna memastikan semua TPS-TPS dan semua KPPS sudah siap untuk menyambut pekerjaan besar besok pagi.

Dirinya juga menyampaikan pengecekan TPS dilakukan secara random di daerah Utara Bengawan dan Selatan Bengawan Solo sehingga dapat merepresentasikan seluruh kabupaten.

"Harapannya dengan kesigapan dan kesiapan ini pemilu bisa berjalan dengan tertib dan lancar semoga apa yang terjadi di luar negeri tidak terjadi di tempat kita khususnya untuk di Kabupaten Sragen," harap Yuni.

Dirinya juga meminta doa agar Pemilu besok bisa berjalan dengan lancar, pada saat pencoblosan dan pasca hingga selesai perhitungan dan penetapan dari KPU. (uti)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved