KPU Kabupaten Pekalongan Musnahkan 20.878 Lembar Surat Suara dengan Cara Dibakar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan memusnahkan 20.878 lembar surat suara rusak atau berlebih

KPU Kabupaten Pekalongan Musnahkan 20.878 Lembar Surat Suara dengan Cara Dibakar
TRIBUN JATENG/INDRA DWI PURNOMO
Pemusnahan 20.878 lembar surat suara dengan cara dibakar langsung dalam sebuah tong di halaman gudang KPU Kabupaten Pekalongan bekas New Corak Futsal, Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (16/4/2019) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan memusnahkan 20.878 lembar surat suara rusak atau berlebih, dari hasil sortir untuk kebutuhan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Pemusnahan puluhan ribu lembar surat suara tersebut dengan cara dibakar langsung dalam sebuah tong di halaman gudang KPU Kabupaten Pekalongan bekas New Corak Futsal, Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (16/4/2019) malam.

Pemusnahan surat suara ini juga turut di lakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal, Kapolres Pekalongan AKPB Wawan Kurniawan, Anis, Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, anggota Bawaslu Kabupaten Pekalongan Anis Kurlia, dan Kepala Kasbangpol Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho.

Disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal mengatakan suara suara yang dimusnahkan bukan hanya surat suara yang rusak. Namun, ada juga surat suara yang dalam kondisi baik, juga turut di musnahkan.

"Total 20.878 lembar surat suara yang kita musnahkan. Itu berasal dari surat suara untuk pemilihan presiden-wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten," kata Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal, usai acara pemusnahan.

Disebutkan, surat suara pasangan calon presiden-wakil presiden yang rusak sebanyak 1.342 lembar, DPR RI 1.816 lembar, DPR Provinsi 6.057 lembar, DPR Kabupaten‎ 7.567 "Dan sisanya 4.096 lembar surat suara calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI,"jelas Abi Rizal.

Abi menambahkan sesuai ketentuan KPU Kabupaten Pekalongan H-1 sebelum pencoblosan sisa surat suara harus dimusnahkan.

"Sesuai ketentuan bahwa KPU sebagai penyelenggara pemilu tidak boleh menyimpan satu lembar sisa surat suara, demi menjamin pelaksanaan Pemilu yang berjalan jujur, adil, dan transparan,"imbuhnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved