Pemilu di Kalibening Banjarnegara, TPS Didirikan di Rumah yang Rusak karena Gempa Setahun Lalu

Di dusun Kebakalan, nyaris tak ada rumah yang selamat dari dampak gempa, mulai rusak ringan, sedang hingga berat

Pemilu di Kalibening Banjarnegara, TPS Didirikan di Rumah yang Rusak karena Gempa Setahun Lalu
Tribunjateng.com/Khoirul Muzaki
Jalan putus di desa Asinan Kalibening Banjarnegara belum dibangun 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Pesta demokrasi sebentar lagi digelar. Saatnya rakyat memilih calon pemimpin yang akan memperjuangkan nasib mereka ke depan.

Setiap suara yang diberikan selalu diiringi harapan akan adanya perubahan. Setiap warga memilih agar kepentingannya terwakili.

Demikian halnya para korban bencana gempa bumi di Kecamatan Kalibening Banjarnegara.

Pemilu jadi momentum bagi mereka untuk memperjuangkan kepentingan. Siapapun pemimpin maupun wakil rakyat yang jadi, mereka menaruh harapan besar.

Mereka tak butuh sekadar janji manis. Para korban ini hanya ingin haknya ditunaikan. Iya, sudah setahun ini, sebagian korban gempa masih terkatung-katung di hunian sementara.

April sempat jadi bulan berkabung bagi mereka. Rabu siang, 18 April 2018 silam, saat sebagian warga masih beraktifitas di ladang, gempa bumi berkekuatan 4,4 magnitudo mengguncang wilayah Kecamatan Kalibening.

Gempa dari aktifitas patahan yang belum teridentifikasi ini merusak ratusan rumah dan fasilitas umum di lima desa. Ribuan warga berlarian dengan raut muka kepanikan.

Nasib warga seketika berubah hanya dalam hitungan menit karena bencana alam. Banyak keluarga kehilangan tempat tinggal lantaran roboh. Mereka harus menjalani hidup baru sebagai pengungsi yang nasibnya tak mengenakkan.

Gelaran Pemilu, besok, Rabu, 17 April 2019, adalah tepat setahun paska bencana dahsyat itu terjadi, 18 April 2018 lalu. Harinya pun sama, hanya tanggal yang selisih satu angka.

Pesta demokrasi bagi korban belum tentu disambut gegap gempita. Melainkan keprihatinan karena genap setahun, mereka belum lepas dari derita.

Halaman
123
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved