Peringati Dies Natalis ke 49, Rektor IAIN Salatiga: Kami Sedang Bersiap Menjadi Universitas

Dies Natalis ke-49 tahun Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Salatiga saat ini tengah mempersiapkan diri berubah status menjadi universitas.

Peringati Dies Natalis ke 49, Rektor IAIN Salatiga: Kami Sedang Bersiap Menjadi Universitas
TRIBUNJATENG/M NAFIUL HARISĀ 
Rektor IAIN Salatiga Rahmat Hariyadi saat menyampaikan pidato strategi pengembangan kampus dalam Sidang Terbuka Senat Dies Natalis ke-49 di Auditorium Kampus 1 IAIN Salatiga, Selasa (16/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Memperingati Dies Natalis ke-49 tahun Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Salatiga saat ini tengah mempersiapkan diri berubah status menjadi universitas.

Rektor IAIN Salatiga Rahmat Hariyadi mengatakan di antara terwujudnya menjadi universitas tidak lain ada kesempatan membuka fakultas sains dan teknologi.

"Di mana saat ini Indonesia membutuhkan insinyur, dan sainstis untuk pembangunan bangsa ke depan. Karenanya sekarang kami sedang bersiap diri menuju kesana diantaranya kesiapan sarana prasarana lahan, dan sumberdaya manusia," terangnya kepada Tribunjateng.com, di sela Sidang Terbuka Senat di Auditorium Kampus 1 IAIN Salatiga, Selasa (16/4/2019).

Kaji Islam Indonesia Terkini Program Pascasarjana IAIN Salatiga Bakal Gelar Konferensi Internasional

Menurut Rahmat, menuju ke arah itu institusi yang dipimpinnya sekarang sedang bekerja keras memenuhi syarat di antaranya selama empat sampai lima tahun mendatang harus memiliki 20 guru besar.

Dikatakannya, pada rentang waktu yang sama ditargetkan juga IAIN Salatiga memiliki 100 orang bergelar doktor karena itu semua merupakan syarat berubah status menjadi universitas.

"Sementara sekarang kami baru memiliki sebanyak 48 doktor dan enam guru besar dengan berbagai bidang disiplin ilmu pengetahuan sesuai fakultas yang ada di IAIN Salatiga ini," katanya.

Sedang fakultas dan jurusan yang sekarang sudah dipersiapkan manakala mendapatkan persetujuan perubahan status menjadi universitas di antaranya Fakultas MIPA dan TIK.

Terkait Dies Natalis kali ini ditegaskan IAIN Salatiga berusaha terus menjadi kampus dengan kajian fokus keislaman di Indonesia.

"Selain melalui forum ilmiah kami juga mencoba menerapkan Islam yang ramah melalui nilai-nilai keindonesiaan baik dalam pengajaran maupun lainnya," jelasnya.

Mahasiswi IAIN Salatiga Raih Top Of Finalis Global Entrepreneurship Youth Summit (GEYS) 2019

Panitia Dies Natalis IAIN Salatiga ke-49 Agus Waluyo menambahkan memeriahkan rangkaian acara telah diselenggarakan sejumlah kegiatan mulai takhtimul Quran kemudian turnamen futsal, bola volly, dan vocal competition.

"Serta IAIN Idol dalam rangka Piala Rektor IAIN Salatiga 2019 yang diikuti MA/SMA/SMK Se-Kota Salatiga dan sekitarnya, sekaligus sebagai ajang sosialisasi IAIN Salatiga," ungkapnya.

Pihaknya menambahkan acara lainnya yaitu jalan sehat dan badminton, serta perlombaan lain yang diikuti para sosen, karyawan, dharma wanita, dan organisasi mahasiswa di lingkungan IAIN Salatiga. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved