Sulitnya Kirim Logistik Pemilu ke Dukuh Terpencil di Kabupaten Pekalongan, Naik Perahu Susuri Hutan

Menurut Wawan yang perlu diwaspadai di TPS ini yaitu pertama mengenai perubahan cuaca

Sulitnya Kirim Logistik Pemilu ke Dukuh Terpencil di Kabupaten Pekalongan, Naik Perahu Susuri Hutan
Tribunjateng.com/Indra Dwi Purnomo
Petugas Kepolisian dan TNI mendistribusikan Logistik Pemilu 2019 di Dusun Simonet, Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (16/04/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Tidak semua desa di Kabupaten Pekalongan bisa diakses dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Petugas Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK), anggota Polres Pekalongan, dan Babinsa harus susah payah mendistribusikan logistik Pemilu Presiden dan Legislatif ke Dukuh Simonet, Desa Semut Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Petugas harus mengantarkan logistik menggunakan perahu kemudian jalan kaki menyusuri hutan bakau dengan arus anak sungai laut yang cukup deras. Puluhan petugas ini harus menyusuri pinggir pantai dan jalan setapak.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan mengatakan pihaknya melakukan pengawalan ke lokasi terperencil agar distribusi logistik lancar dan tanpa ada kendala.

"Kita kawal bersama anggota Babinsa Koramil dari PPK Wonokerto menuju TPS tujuh di Dusun Simonet. Di TPS Simonet ada 192 Daftar Pemilih Tepat (DPT). Tidak hanya itu jugaa, akses jalan menuju ke Dusun ini harus menyeberangi anak sungai,"kata Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan kepada tribunjateng.com usai mengecek ke Dusun Simonet, Selasa (16/04/2019).

Dalam pengamanan di Dusun ini, akan ada satu personil dari Polri, satu personil dari TNI, dan satu personil dari Linmas.

Menurut Wawan yang perlu diwaspadai di TPS ini yaitu pertama mengenai perubahan cuaca.

"Mudah-mudahan di Dusun Simonet tidak mengalami rob tinggi. Kemudian yang kedua mengenai keamanan perahu untuk di cek kembali, agar masyarakat yang akan mencoblos di tps keamananya terjamin," jelas Kapolres.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk bisa berpartisipasi dan menggunkan hak suara dalam Pemilu 2019.

M. Ahsin selaku divisi teknis KPU Kabupaten Pekalongan mengatakan akses termudah untuk menuju Dusun Simonet yakni dengan menggunakan perahu ditambah dengan jalan kaki dan masuk hutan bakau.

"Daerah ini lokasinya paling susah. Akses jalannya tidak ada harus pakai perahu," ungkap M. Ahsin selaku divisi teknis KPU Kabupaten Pekalongan. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved