Surat Suara Pilpres Paling Banyak Rusak di Kabupaten Tegal

Sebanyak 26.299 lembar surat suara yang terdiri dari Pilpres, Pileg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan Kabupaten Tegal dibakar

Surat Suara Pilpres Paling Banyak Rusak di Kabupaten Tegal
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
puluhan ribu surat suara dibakar, di kantor KPU Kabupaten Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sebanyak 26.299 lembar surat suara yang terdiri dari Pilpres, Pileg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan Kabupaten Tegal dibakar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal, Selasa (16/4/2019).

Dari itu semua, diketahui 21.476 lembar surat suara rusak dan 4.823 lembar surat suara berlebih.

Ketua KPU Kabupaten Tegal, Nurohman menyebut, surat suara rusak paling banyak berasal dari lembar suara Pilpres yakni sebanyak 5099.

"Sesuai dengan ketentuan Undang-undang PKPU dan surat edaran dari KPU RI, bahwa pemusnahan surat suara terakhir hari ini. Surat yang rusak itu seperti tinta yang memudar atau foto calon salah," pungkas Nurohman kepada Tribunjateng.com, Selasa(16/4/2019).

Surat suara rusak tersebut, kata dia, merupakan hasil dari proses sortir dan lipat selama 10 hari pada pertengahan Maret 2019 lalu. 

Sedangkan surat suara berlebih, yang kondisinya masih bagus merupakan hasil sortir lipat serta pengepakan pada beberapa pekan lalu.

Nurohman mengaku, jumlah yang dimusnahkan tersebut sudah sesuai dengan jumlah DPT. 

Sehingga, jika pada pelaksanaan pencoblosan masih ditemukan adanya surat suara yang rusak, maka petugas KPPS sudah bisa mengganti.

"Kami pastikan sudah tepat. Jika masih ada yang rusak, KPPS bisa mengganti dan dilaporkan dalam berita acara. Tetapi harapannya semua sudah sesuai," imbuhnya. (TRIBUN JATENG/GUM)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved