Pemilu 2019

TPS di Samping Rumah Caleg, Bawaslu Kendal Lakukan Pengawasan Ketat

TPS Nomor 21 Kutoharjo Kaliwungu mendapatkan pengawasan ekstra dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal.

TPS di Samping Rumah Caleg, Bawaslu Kendal Lakukan Pengawasan Ketat
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Komisioner Bawaslu Kendal, Arief Mustofifin (mengenakan batik) mengecek lokasi TPS yang lokasinya berdekatan dengan rumah caleg, yakni TPS Nomor 21 Kutoharjo Kecamatan Kaliwungu, Selasa (16/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Berada di lingkungan tempat tinggal Calon Legislatif, TPS Nomor 21 Kutoharjo Kaliwungu mendapatkan pengawasan ekstra dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal.

TPS yang berdiri di tengah lapangan bulutangkis ini berjarak kurang dari 10 meter dari rumah milik calon anggota DPRD Kabupaten Kendal dan rumah calon anggota DPR RI.

Bahkan salah satu anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS tersebut masih memiliki hubungan persaudaraan dengan Caleg DPRD yang rumahnya berdekatan dengan TPS tersebut.

Komisioner Bawaslu Kendal, Arief Mutoffin mengatakan TPS tersebut masuk dalam salah satu dari TPS yang masuk dalam wilayah rawan pelanggaran pemilu oleh pihaknya.

Menurutnya ada beberapa indikator yang menyatakan TPS tersebut dinyatakan rawan terjadinya pelanggaran pemilu.

"Seperti dalam TPS tersebut terdapat DPTb, DPK, berada di lokasi dekat Rumah sakit, Pergurun tinggi, Pesantren, dekat dengan area rumah peserta pemilu dan tempat logistik pemilu," tuturnya.

Ia mengatakan, pihaknya telah memberikan rekomendasi kepada KPPS untuk memindahkan TPS ke lokasi yang cukup jauh agar menghindari intervensi dari berbagai pihak.

"Namun petugas KPPS mengatakan bahwa tidak ada lokasi lain, oleh sebab itu kami terjukan personel dari Panwaslu Kecamatan dan desa untuk membantu pengawasan TPS dalam melakukan pengawasan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPPS TPS 21 Kaliwungu, Muhammad Gundar mengatakan, meski berada di lokasi berdekatan rumah caleg, pihaknya akan menjamin netralitas dari para anggota TPS dan menjamin tidak ada intervensi dalam proses pemungutan suara

"Kami tidak ada lokasi lain karena lokasi lain sudah dipakai dengan TPS Lain. dan namun lokasi ini berdiri di tanah wakaf milik musola bukan milik tanah caleg," pungkasnya.(*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved