TPS Kategori Sangat Rawan Akan Dijaga Dua Polisi

Tempat Pemungutan Suara (TPS) kategori sangat rawan di Jawa Tengah akan dijaga dua personil polisi.

TPS Kategori Sangat Rawan Akan Dijaga Dua Polisi
TRIBUN JATENG/JAMAL A NASHR
Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono seusai melakukan pengecekan kesiapan pengaman Pemilu 2019. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Jamal A Nashr

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tempat Pemungutan Suara (TPS) kategori sangat rawan di Jawa Tengah akan dijaga dua personil polisi.

Hal tersebut dijelaskan Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono seusai melakukan pengecekan kesiapan pengaman Pemilu 2019.

TPS berkategori sangat rawan tersebar di seluruh kabupaten dan kota wilayah Jateng. Condro mengatakan, jumlah personil polisi yang ditempatkan di setiap TPS bervariasi sesuai tingkat kerawanan.

"TPS yang sangat rawan satu TPS dua anggota Polri. TPS yang dijaga dua anggota di Jawa Tengah ada 800 lebih. Itu menunjukkan TNI dan Polri tidak underestimate," ungkap Condro di Polrestabes Semarang, Selasa (16/4/2019).

Ia mengungkapkan, tolak ukur TPS yang masuk kategori sangat rawan, ditunjukkan kekuatan jumlah pendukung kedua kubu seimbang. Jumlah pendukung yang sama banyak dikhawatirkan akan terjadi gesekan saat pemungutan suara.

Sementara itu, TPS katerogi aman setiap delapan sampai sepuluh TPS akan disiagakan dua anggota kepolisian. Kemudian, TPS kategori rawan setiap TPS akan dijaga satu anggota polisi.

"Untuk TPS kategori aman, nanti anggota akan berpatroli. Selain itu yang di TPS kekuatan di kabupaten dan kota ada kekuatan yang bisa digerakkan," katanya.

Kondisi keamanan di Jateng jelang pelaksanaan Pemilu 2019, ia menambahkan, hingga kini situasi masih kondusif. Kondisi itu diharapkan terus bertahan hingga akhir pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Pengamanan gabungan juga dilakukan antara TNI dan Polri melalui patroli. Patroli gabungan dilakukan di dekat ke lokasi pemungutan suara dan obyek-obyek vital untuk memberikan jaminan keaman bagi warga yang akan datang ke TPS.

Halaman
12
Penulis: Jamal A. Nashr
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved